Wisata Snorkeling di Umbul Ponggok Klaten

Menikmati pemandangan dasar laut dangkal maupun pantai yang indah adalah suatu hal yang terbayang ketika kita mendengar kata snorkeling. Ya, karena tempat ber-snorkeling memang sebagian besar berada di pantai. Namun ada tempat untuk ber-snorkeling ria di air tawar dengan pemandangan yang tak kalah keren dari pantai. Sebuah umbul / sumber mata air dengan air tawar yang jernih dan pemandangan yang disertai dengan biota-biota air tawar yang berada di umbul ponggok memberikan pengalaman wisata yang jarang ditemui di tempat wisata lain.

wisata umbul ponggok klaten

credit: http://www.kaskus.co.id/thread/542ffdd8bccb174b1a8b456e/di-klaten-ada-apa-yuk-masuk-biar-tau

Umbul ponggok terletak di daerah Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Umbul ponggok memiliki daya tarik tersendiri untuk disebut sebagai sebuah obyek wisata, yaitu kolam yang berukuran luas dengan aneka macam ikan hias air tawar yang dapat kita nikmati dengan berenang di dalamnya. Umbul ponggok bak surga bagi para perenang maupun pecinta pemandangan bawah air. Bagi yang suka snorkling, umbul ponggok menawarkan panorama bawah air yang sangat indah dan mengagumkan.

snorkeling di ponggok

credit: http://jogjapetualang.com/waduk-embung/umbul-ponggok-klaten

menyelami umbul ponggok klaten

credit: http://jogjapetualang.com/waduk-embung/umbul-ponggok-klaten

Umbul ponggok yang bersumber dari air tanah memiliki kondisi air yang sangat jernih, sehingga dasar kolam dapat terlihat dengan jelas. Apabila kita melihatnya ke dasar kolam aka akan dapat terlihat kondisi dasar kolam berupa pasir, kerikil dan bebatuan yang dihiasi oleh ratusan ikan aor tawar yang sangat indah. Sudah mirip dengan pemandangan bawah laut namun tanpa ada terumbu karang.

menyelam di umbul ponggok

credit: http://jogjapetualang.com/waduk-embung/umbul-ponggok-klaten

Agar aktifitas menyelam anda lebih nyaman maka anda sangat dianjurkan menggunakan peralatan snorkeling. Di loaksi Umbul Ponggok Klaten sudah ada persewaan snorkeling, sehingga anda tidak perlu repot membawa dari rumah. Perlu diketahui ya bahwa snorkeling ini berbeda dengan diving. Kalau snorkeling memakai alat yang lebih sederhana, yaitu selang berbentuk “J” dan pelindung mata seperti kacamata. Snorkeling biasanya digunakan untuk melihat bawah laut dari permukaan dan untuk perairan yang dangkal. Sedangkan Diving menggunakan alat yang lebih lengkap, dari pakaian khusus, pelindung mata sampai penggunakan tabung oksigen. Oleh karena itu aktifitas menyelam di Umbul Ponggok ini lebih tepatnya ber-snorkeling, bukan diving.

keindahan bawah air ponggok

credit: http://jogjapetualang.com/waduk-embung/umbul-ponggok-klaten

snorkeling umbul ponggok klaten

credit: http://www.kaskus.co.id/thread/542ffdd8bccb174b1a8b456e/di-klaten-ada-apa-yuk-masuk-biar-tau

Untuk mengabadikan momen snorkeling di Umbul Ponggok Klaten anda dapat menyewa kamera underwater yang digunakan untuk memotret di dalam air. Namun harga sewa kamera ini agak mahal serta hitungannya per jam. Sebagai alternatifnya anda juga dapat menyewa alat pelindung kamera atau HP. Jadi anda dapat mengambil gambar dari kamera digital atau handphone anda, dengan ditambah pelindung sewaan. Dengan cara ini akan lebih menghemat biaya. Namun perlu anda ingat juga kualitas gambar akan lebih bagus apabila gambar diambil dari kamera khusus bawah air, karena hasilnya lebih tajam. Akan lebih baik lagi jika anda mempunyai kamera khusus bawah air, karena anda akan dapat sepuasnya mengambil gambar-gambar dengan kualitas yang baik tanpa dibatasi jam sewa.

Tips Berkunjung ke Umbul Ponggok Klaten

  1. Berkunjunglah saat pagi hari, karena air akan lebih jernih di pagi hari.
  2. Apabila anda benar-benar ingin menikmati indahnya pemandangan awah air Umbul Ponggok, usahakan jangan berkunjung pada hari Minggu maupun hari libur lainnya, karena tempat wisata umbul Ponggok ini ramai dikunjungi oleh wisatawan pada hari Minggu dan hari liburan sekolah, dan hari-hari liburan.
analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan