UNS Kembangkan Pakan Lele Murah Dari Kotoran Puyuh

Ada banyak pilihan pakan alternatif untuk ikan lele agar biaya produksi dapat diminimalkan. Limbah bulu ayam, kotoran burung puyuh dan ikan asin yang telah afkir, menjadi alternatif pakan lele murah. Hal itu disampaikan Anggota Tim Pusat Pengembangan Kewirausahaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Edy Triharyanto kepada wartawan yang mengikuti peninjauan LPPM UNS Solo di Desa Ngringo Kabupaten Karanganyar, Sabtu (05/10/2013).

Diungkapkannya, petani ikan lele sering menghadapi masalah harga pakan yang tinggi mencapai Rp 8 ribu hingga Rp 9 ribu per kg. Di sisi lain, lele termasuk ikan yang rakus, sementara harga jual ikan lele cukup rendah.

“Pakan ikan yang mahal menjadikan keuntungan petani sangat rendah, sehingga usaha budidaya ikan lele banyak mengalami kerugian, apalagi jika petani mendapat bibit lele berkualitas rendah hingga tingkat kematiannya tinggi,” tuturnya.

Untuk itu, lanjut Edy, pihaknya mengadakan penelitian tentang teknologi pengolahan limbah organic untuk pakan lele, yang menghasilkan pakan lele murah dan terjangkau, sehingga pendapatan petani akan meningkat.

“Pakan lele dari bahan limbah bulu ayam, kotoran burung puyuh, dan ikan teri yang telah diafkir hanya dijual dengan harga Rp 5 ribu per kg,” ungkapnya.

Edy Tri Haryanto mengatakan, ke depan hasil penelitian akan dikembangkan menjadi Industri kecil.

“Kami ingin memecahkan permasalahan yang ada di lapangan, harapannya ini nanti bisa dikembangkan ke industry kecil, bahkan mungkin nanti kami konsepnya pendampingan ke peternak lele, marketnya tidak ke toko,” harapnya.

Sementara anggota tim yang juga pembudidaya burung puyuh, Suryono mengatakan bulu ayam yang memiliki protein tinggi dipresto sebelum digiling menjadi tepung sekaligus berfungsi sebagai pengapung.

Kotoran puyuh memiliki protein 17 hingga 21 persen lebih tinggi dibanding kotoran ayam petelor 11 persen dan kotoran ayam pedaging dengan kandungan protein hanya 9 persen.

Ketiga bahan baku tersebut dicampur dengan perbandingan sama, dan dicetak hingga berbentuk silinder.

(Sumber : RRI)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan