UGM Kembangkan Pakan Ikan Murah, Hemat 50 % Biaya Produksi

GAMA BURGER, alternatif pakan ikan murah yang dikembangkan oleh KP4 UGM (Universitas Gadjah Mada). GAMA BURGER tersebut merupakan hasil teknologi fermentasi pakan komplit (fermented complete feed), yang terdiri atas bahan-bahan tepung ikan, pollard, roti afkir, daun, molasses, dan vitamin. Semua bahan ini difermentasi selama 3 hari dengan multimikrobia.

Burger pakan ikan hasil karya KP4 UGM ini telah diuji cobakan pada ikan bawal di kolam Kalitirto, Kalasan, Sleman, selama kurang lebih lima bulan. Pemberian burger pakan ikan sebesar 10% dari biomasa mampu memberi nilai efisiensi sebesar 40%. Dengan hasil ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi peternak ikan. Menurut Prof. Dr. Ali Agus, D.A.A., D.E.A. selaku Kepala Bidang Hewan Ternak KP4 UGM, “Burger pakan ini tentu bakal mampu menjawab problem yang sering dihadapi dalam budidaya ikan selama ini di mana biaya pakan biasanya sangat tinggi, melebihi 50 % biaya produksi”, seperti yang dilansir dari situs UGM.

Peternak ikan pada umumnya karena tingginya biaya yang dihadapi peternak ikan selama ini akibat mahalnya sumber protein pakan berupa tepung ikan. Dengan adanya alternatif bahan pakan yang bernilai protein tinggi ini diharapkan mampu mengurangi penggunaan tepung ikan. Pengembangan GAMA BURGER diharapkan dapat semakin membantu petani ikan untuk lebih produktif menghasilkan budidaya ternak ikannya. Kegiatan ini sendiri akan dilanjutkan dengan pelatihan kepada masyarakat agar dapat dimanfaatkan dengan baik.

(sumber: sekolahkampus.com)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan