Tips Memilih Induk Lele Untuk Pembenihan

Tidak membutuhkan ukuran kolam yang besar, pembenihan lele hanya memerlukan kolam ikan yang relatif kecil, kita tidak harus direpotkan dengan membuat kolam ikan yang terlalu besar. Pembenihan lele juga bisa dilakukan dalam kolam apapun, kolam tanah, kolam terpal, maupun kolam beton.

memilih induk lele jantan dan betina

Dalam menekuni usaha pembenihan lele, sebenarnya ada satu faktor yang sangat mempengaruhi kualitas usaha pembenihan lele adalah pemilihan induk lele . Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam memilih induk lele yang baik untuk digunakan dalam pembenihan lele.

Induk lele yang baik

Induk lele yang baik setidaknya haru sudah berumur 7 bulan untuk jantan dan berumur satu tahun untuk betina, dengan berat badan antar 1000 sampai 2000 gram, memiliki bentuk badan simetris, tidak cacat, dan lincah Sebaiknya induk lele diambil dan dibesarkan di kolam sejak kecil, agar lebih mudah beradaptasi apabila dipindah dari kolam yang satu ke kolam yang lain, untuk dilakukan pemijahan.

Induk lele betina

Induk lele betina bisanya memiliki warna lebih terang dan kepala lebih besar dibanding dengan induk jantan. Tulang kepala agak pendek dan cembung, perut lebih gembung dan lunak, biasanya gerakannya agak lambat. Alat kelamin (urogenital papilla) berwarna kemerahan berbentuk oval berlobang agak lebar dan jelas terlihat di belakang anus. Apabila di bagian perut di stripping secara manual (diurut) ke arah ekor, akan mengeluarkan ovum/telur berupa cairan kekuning-kuningan.

Induk lele jantan

Induk lele jantan berwarna lebih gelap dan lebih halus, memiliki kepala yang lebih kecil, perut lebih langsing, dan gerakan lebih lincah. Alat kelamin (urogenital papilla) berwarna kemerahan berbentuk bebentuk memanjang ke belakang dan jelas terlihat di belakang anus.

Apabila di bagian perut di stripping secara manual (diurut) ke arah ekor, akan mengeluarkan spermatozoa berupa cairan putih dan kental.

Perawatan induk lele

Ada 3 hal penting yang perlu dilakukan untuk perawatan induk ikan lele, yaitu:

  1. Sebaiknya diberikan makanan yang berprotein tinggi semisal belatung, rayap, bekicot dan pelet atau pakan ikan buatan. Hindari pemberian cacing sutra untuk induk lele karena kandungan lemak pada cacing sutra terlalu tinggi.
  2. Untuk menghidari penularan penyakit, pisahkan induk yang lemah dan sakit, segera obati di kolam yang terpisah.
  3. Atur sirkulasi air bersih yang masuk.
analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan