Tips Memilih dan Membeli Ikan Cupang Berkualitas

Ketika kita ingin memilih maupun membeli ikan cupang yang berkualitas baik, maka ketelitian sangat diperlukan agar tidak salah pilih dalam membeli ikan cupang. Kita harus memerhatikan mengetahui ciri-ciri ikan cupang yang baik dan berkulitas. Jika kita salah dalam memilih ikan cupang, maka kita tidak akan mendapat kepuasan dengan ikan cupang yang kita beli tadi.

tips memilih ikan cupang

Jika kita ingin memilih dan membeli ikan cupang dengan kualitas yang baik maka tidak ada salahnya jika kita memperhatikan beberapa tips di bawah ini.

1. Pilih Ikan Cupang Yang Sehat

Hal pertama dalam memilih ikan cupang adalah dengan memerhatikan dengan baik kesehatan ikan cupang tersebut. Ciri-ciri dari ikan cupang yang sehat antara lain adalah bergerak dengan lincah, berwarna cerah, sirip dan ekornya selalu di kibar-kibarkan atau selalu mengembangkan ekoranya ketika di dekatkan dengan ikan cupang lainnya. Cupang yang sehat tidak memiliki noda jamur atau beludru pada badannya.

Cupang yang sedang dalam keadaan kurang sehat akan terlihat lemas (tidak agresif). Ikan yang terkena gangguan kemih biasanya mengerak-gerakan ekornya dengan cepat. Biasanya cupang yang sakit ekor dan siripnya tidak mengembang. Ciri lain dari ikan cupang yang tidak sehat adalah selalu berenang di permukaan.

2. Pilihlan Cupang Yang Berwarna Cerah

Warna sangat menentukan keindahan dari ikan cupang. Pilihlah ikan cupang yang memiliki warna yang cerah dan sisiknya mengkilap serta tidak kusam. Dalam memilih warna memang butuh keahlian khusus.

3. Perhatikan Sirip dan Ekornya

Cupang dengan kualitas yang baik memiliki sirip dan ekor yang berwarna terang. Siripnya terbuka harmonis dan sempurna, tidak ada bayangan lain di ujung-ujung ekor dan siripnya. Tidak ada jarak antara sirip bawah dan ekor (caudal) ataupun antara sirip-sirip (dorsal) punggung. Sirip-sirip merapat sempurna ketika ikan membuka dan memekarkan sirip-sirip mereka.

4. Perhatikan Penjualnya

Belilah ikan cupang pada peternak atau penjual ikan yang sudah terpercaya. Lebih disarankan untuk membeli langsung dari peternak karena selain harganya lebih murah, kita juga dapat melihat dan bertanya mengenai cara-cara dan tips memilih ikan cupang maupun cara perawatannya. Jika kita membeli langsung pada peternak, belilah pada peternak yang sudah profesional dan tidak diragukan kredibilitasnya.

Selain mendatangi langsung peternaknya, kita juga dapat membeli ikan cupang secara online. Namun jika kita berniat membeli secara online, kita harus berhati-hati karena sekarang ini masih marak penipuan berkedok jual beli lewat internat. Sekedar tips, belilah melalui website atau pun blog milik peternak yang sudah memiliki nama baik di dunia internet.

(sumber: tipspetani)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

4 komentar untuk "Tips Memilih dan Membeli Ikan Cupang Berkualitas"

  1. febriyanto says:

    assalamualaikum….

    pak saya berminat beli bibit ikan cupang untuk diternak dan dijual..
    bagaimana caranya.. mohon diberi petunjuk dan cara pemelioharaanya. terima kasih..

  2. wah infonya sangat membantu ya mas, terimakasih

Tinggalkan Pesan