Tingkat Konsumsi Ikan di Mataram Masih Rendah

Tingkat konsumsi ikan di daerah Mataram masih relatif rendah dan tidak seimbang antara konsumsi protein nabati dan hewani, terutama yang bersumber dari ikan. Demikianlah keterangan yang dikatakan Wali Kota Mataram, H Ahyar Abduh.

“Capaian tingkat konsumsi ikan di Kota Mataram adalah 23 kilogram perkapita per tahun dari sasaran 25 kilogram perkapita per tahun,” katanya pada Lomba Masak Menu Serba Ikan dan Kontes Ikan Koi di halaman kantor Wali Kota Mataram, di Mataram, Sabtu (7/9).

masakan ikan air tawar

Ia mengatakan, untuk Kota Mataram dengan jumlah penduduk mencapai 427 ribu jiwa, masih dihadapkan pada kekurangan pasokan ikan, sehingga belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang cukup tinggi. “Untuk itulah, diperlukan upaya untuk meningkatkan produksi ikan laut dan ikan air tawar, serta terus mendorong masyarakat untuk gemar mengonsumsi protein yang bersumber dari ikan,” katanya.

Terkait dengan itu, Pemerintah Kota Mataram terus berupaya melakukan kegiatan-kegiatan dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat. “Semoga dengan dilaksanakan berbagai kegiatan, salah satunya lomba masak serba ikan ini mampu meningkatkan asupan gizi masyarakat yang bersumber dari protein hewani terutama ikan,” katanya.

Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Mataram, Lalu Alwan Basri mengatakan, terkait dengan pemberdayaan masyarakat dalam bidang perikanan, pihaknya telah mengembangkan budidaya perikanan baik di air tawar maupun di air laut. “Dengan berkembangkanya usaha budidaya tersebut selain mendongkrak pertumbuhan ekonomi juga akan berdampak pada peningkatan konsumsi ikan di masyarakat,” katanya.

Di sisi lain, pihaknya juga aktif memberikan pelatihan terhadap pengelola industri kecil menengah yang mengolah berbagai hasil perikanan menjadi produk olahan ikan yang dipasarkan hingga ke pasar modern. “Produk tersebut olahan ikan tersebut, antara lain abon ikan, krupuk ikan dan berbagai produk olahan ikan lainnya. Ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan konsumsi ikan di Kota Mataram,” katanya.

(sumber: metrotvnews)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan