Suksesnya Usman Dalam Budidaya Ikan Mas di Deliserdang

Usman merupakan salah satu pembudidaya ikan mas yang sukses di Indonesia. Lokasi budidayanya ada di Deliserdang, dalam sekali panen, ikan mas konsumsi yang dihasilkan mencapai 1 – 1,5 ton. “Ada 30.000 ekor ikan mas di kolam ini, dan 20.000 ekor di antaranya adalah ikan yang sudah siap dipanen dengan berat rata-rata dua sampai tiga ekor per kilogramnya. Sedangkan sisanya atau sekitar 10.000 ekor merupakan bibit ikan yang sedang dibesarkan,” ucap Usman kepada MedanBisnis.

Setiap hari, sedikitnya Rp 1 juta biaya yang harus dikeluarkan Usman, untuk membeli pakan sebanyak 30.000 ekor ikan mas yang dibudidayakannya di wilayah Marindal, Kabupaten Deliserdang.

Sejak dua tahun silam Usman sudah membudidayakan ikan mas. “Kalau untuk menjualnya tidak sulit, karena sudah ada pelanggan yang menampung kapan saja kita panen. Tinggal telepon saja. Kalau harga jualnya saat ini Rp 19.000 per kg dan biasanya sekali panen bisa mencapai 1 ton – 1,5 ton,” ujar Usman.

Untuk memberi makan ikan mas yang dikelolanya di atas lahan seluas 3 hektare itu, Usman membutuhkan sekitar 120 – 150 kg pelet setiap hari yang dibeli seharga Rp 350.000 per sak yang setiap saknya sebanyak 50 kg. “Dalam sehari saya menghabiskan 120 – 150 kg pelet untuk memberi makan ikan-ikan itu mulai dari yang anakan sampai yang siap panen,” katanya lagi.

Biaya tersebut kata dia, bisa ditutupi kalau panen. “Jadi, setidaknya keuntungan saat panen bisa mencapai 30 persen,” ucap Usman lagi.

Untuk mengelola dan menjaga kolamnya Usman mempekerjakan seorang karyawan yang digaji sebesar Rp 1,2 juta per bulan.

(Sumber : Medan Bisnis)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan