Seimbangkan Kondisi Lingkungan Air Dengan Ikan Tawes

Ikan tawes diyakini dapat menyeimbangkan lingkungan karena kebuasaannya yang suka memakan alga dan akar-akar enceng gondok. Sejumlah anak muda yang tergabung dalam Komunitas Pecinta Ikan Hias (Kepis) melakukan tebar benih ikan tawes (Barbonymus Goniono Bleeker) di daerah Pleret Sungai Banjir Kanal Barat, Minggu (7/7) sore. Penebaran benih ikan yang mampu bertahan hidup di air deras ini diharapkan bisa mengontrol lingkungan yang ada di sepanjang Sungai Banjir Kanal Barat.

penebaran benih ikan tawes di saluran air

Wakil Ketua Kepis, Ewa Kasiono mengatakan, penebaran benih ikan tersebut merupakan kegiatan sosial pertama dari komunitas mereka yang terbentuk sekitar setahun yang lalu. ”Total ikan tawes yang ditebar sekitar 5.000 ekor yang diperoleh secara swadaya dari para anggota Kepis. Benih ikannya sendiri kami datangkan dari Banjarnegara,” kata Ewa.
Diungkapkannya, penebaran seluruh benih ikan tawes tersebut tidak dilakukan secara langsung melainkan bertahap. ”Ikan ini kami pilih karena cepat berkembang biak di lingkungan yang airnya deras. Selain itu, ikan ini juga mampu menyeimbangkan lingkungan karena suka memakan alga dan akar-akar enceng gondok,” jelasnya.

Humas Kepis, Miftah Ulum menambahkan, dalam waktu enam bulan, benih ikan tawes berukuran 1 inchi sudah bisa dipanen. ”Ikan ini tidak secara langsung membunuh tanaman air seperti enceng gondok dan alga. Melainkan hanya memakan akarnya sehingga tanaman tersebut tidak bisa berkembang. Ikan ini sifatnya graskap atau pemakan rumput,” kata Ulum.

Kenapa di Sungai Banjir Kanal Barat? Menurut Ulum, lokasi tersebut merupakan tempat publik yang masih banyak dijadikan tempat memancing ikan oleh warga ataupun nelayan. ”Dengan penebaran benih ikan ini, diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya para nelayan yang mencari ikan disini. Karena cepat berkembang biak, ikan ini bisa dijadikan pendapatan tambahan atau menambah hasil tangkapan bagi para nelayan atau masyarakat sekitar,” pungkasnya.

(sumber: suaramerdeka)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan