Ratusan Siswa SD Purworejo Ikuti Kampanye Makan Ikan Bersama

Sedikitnya 200 siswa sekolah dasar negeri (SDN) di wilayah Kecamatan Gebang, Purworejo mengikuti kampanye makan ikan bersama dalam acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dipusatkan di SDN Pelutan, Gebang, Selasa (21/5).

Kampanye makan ikan bersama itu diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Forikan Kabupaten Purworejo. Ketua Panitia Murdiyati SE menjelaskan, Gemarikan tersebut dilaksanakan untuk menindaklanjuti terbentuknya Forum Konsumsi Makan Ikan (Forikan) yang diketuai Yaminah Suhar SH. Gemarikan dilaksanakan untuk memasyarakatkan konsumsi ikan guna peningkatan asupan gizi masyarakat.

“Selain peserta siswa SD dari Pelutan, Mlaran, Bendosari, dan Ngemplak, kegiatan ini juga menghadirkan undangan dari berbagai instansi terkait,” katanya. Lebih lanjut dijelaskan Murdiyati, acara Gemarikan itu juga diizi dengan kegiatan ceramah tentang gizi ikan, manfaat ikan, budidaya ikan secara sederhana, serta pemberian motivasi kecerdasan anak.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, juga diberikan bantuan sebanyak 2.500 ekor ikan kepada siswa SD sebagai stimulan dari PKK. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg. Ia menyebutkan, Gemarikan diharapkan bisa menjadi wahana pengenalan konsumsi ikan sejak usia dini sehingga anak-anak bisa memahami bahwa ikan sebenarnya merupakan menu makanan keluarga yang aman dan sehat.

Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg menyambut baik kegiatan tersebut. “Potensi ikan darat maupun ikan laut di Purworejo sangat besar. Oleh karena itu sudah semestinya menu ikan terus disosialisasikan agar masyarakat terbiasa mengonsumsinya. Sebab ikan itu sangat bergizi dan bisa meningkatkan kecerdasan,” katanya.

(sumber: suara merdeka)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan