Potensi Budidaya Ikan Air Tawar di Karimun – Kepri

Potensi budidaya ikan air tawar di berbagai daerah Indonesia memang cukup menjanjikan karena masih minimnya pelaku budidaya tersebut serta kebutuhan konsumsi ikan yang besar dan harus dipenuhi. Salah satunya budidaya ikan air tawar di Kabupaten Karimun, Propinsi Kepulauan Riau yang sangat menjanjikan, ini dapat dilihat dari hasil budidaya ikan yang ada di Kecamatan Tebing, Kecamatan Meral dan Kecamatan Meral Barat, telah bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Karimun.

budidaya ikan air tawar di karimun kepulauan riau

Saat ditemui di ruang kerjanya Rektor Universitas Karimun, Abdul Latief, Senin (01/07/13), potensi budidaya ikan air tawar sangat menjanjikan.

“Pemerintah daerah seharusnya mendukung penuh potensi dan pemanfaatan lahan kosong, danau bekas galian timah di Karimun untuk pembudidayaan ikan, apalagi masyarakat kita masih sangat tergantung dengan hasil ikan dari laut, apalagi sekarang laut Karimun sudah rusak parah akibat penambangan”, ujarnya.

Sektor ekonomi dari budidaya ikan dan pertanian menurutnya dapat mengurangi tingkat pengangguran yang tinggi di Karimun dan seharusnya menjadi prioritas Pemerintah dari pada ketergantungan dari sektor pertambangan maupun dari industri galangan kapal.

Budidaya ikan seperti ikan lele, mujahir, mas, nila, gurami, gabus sangat menjanjikan dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat apabila dikelola dengan baik.

Apalagi Karimun sangat didukung dengan tanahnya yang subur dan letak geografisnya yang sangat berdekatan dengan dua Negara Maju seperti Singapura dan Malaysia tentu bila dapat ikan air tawar dieksport kesana keuntungan yang didapat masyararakat sangat menjanjikan serta dapat membuka lapangan pekerjaan baru tentunya.

Hingga berita ini diunggah, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Karimun, Hazmi Yuliansyah belum bisa dipintai keterangannya.

(sumber: kepriterkini)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan