Potensi Bagus, Kampung Suwiam, Manokwari Kembangkan Ikan Air Tawar

MANOKWARI – Potensi sumber daya alam yang sangat baik untuk budidaya ikan air tawar di Manokwari kini mulai dilirik oleh masyarakat. Seperti yang saat ini sedang digeluti masyarakat Kampung Suwiam Distrik Ayamaru Utara Timur, Kabupaten Maybrat, belakangan ini mulai mengembangkan budidaya ikan air tawar mujair, lele, mas, nila dan gastor secara besar-besaran untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

ilustrasi budidaya ikan di manokwari

Agustinus Na, salah seorang petani ikan di Kampung Suwiam, ketika ditemui di Manokwari, Rabu, mengatakan, pemerintah Provinsi Papua Barat mulai memberikan perhatian pada pengembangan budidaya ikan air tawar ini, karena cocok dengan potensi sumber daya alam setempat.

Dia mengatakan, dirinya sebelumnya bekerja sebagai seorang nelayan, namun mencoba keberuntungan menjadi petani tambak ikan air tawar, dimulai dengan lima tambak ikan mujair dan ikan lele yang menunjukkan hasil prospektif, lalu menambah jenis ikan.

Usaha awal yang ia rintis itu, diakuinya, menjadi alasan untuk mencoba mengajukan proposal ke pemerintah Provinsi Papua Barat.

“Usaha awal di lapangan kami gunakan sebagi pertimbangan ke pemerintah melalui proposal untuk memberikan modal usaha, sehingga akhir tahun 2012 lalu pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp1 miliar, modal itu saya gunakan untuk pembangunan kolam baru sebanyak 115 , membeli bibit ikan mas, ikan nila, ikan mujair ikan lele dan gastor sisanya untuk membangun penampungan air dan rumah tinggal di sekitar tambak,” kata Agustinus.

Ia mengatakan, pemerintah memperlihatkan keberpihakan terhadap masyarakat Papua Barat yang berusaha mengubah kesejahteraan keluarga lewat usaha ekonomi kreatif. “Jika tidak ada campur tangan pemerintah, maka masyarakat tidak merasakan sentuhan pembangunan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, banyak masyarakat Papua Barat yang menekuni berbagai macam usaha dengan modal minim, setelah mendapat sentuhan pemerintah dengan baik, bisa berprestasi dalam usahanya.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah karena dengan begini, usaha saya sekarang lancar dan melalui usaha ini juga kami telah menyerap beberapa pemuda sebagai tenaga kerja tetap dengan penghasilan cukup. Dalam waktu dekat kami koordinasikan dengan pihak terkait, baik di tingkat pemerintah provinsi dan kabupaten untuk turut hadir dalam rencana panen raya yang diagendakan awal tahun depan,” ujarnya.

(sumber: antara)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan