Petani Ikan di Bogor Raup 20 Juta Per Bulan Dari Budidaya Ikan Lele & Gurame

Semua bidang usaha, termasuk budidaya ikan air tawar jika usaha dikelola dengan baik, benar, tekun serta teliti, maka akan menghasilkan keuntungan yang melimpah. Termasuk yang dilakukan Wahyu, petani ikan lele dan gurame di Desa Cihideungilir, Kecamatan Ciampea.

sukses raup untung budidaya ikan gurami

Usaha budidaya ikan lele dan gurami telah digeluti Wahyu sejak delapan tahun lalu. Dalam perjalanannya, banyak kendala yang dihadapi, mulai dari pembibitan sampai gagal panen. Namun, berkat kegigihannya akhirnya usaha Wahyu stabil.

Terlebih, kini dia bisa mengantongi penghasilan sekitar Rp20 juta setiap bulan. Untuk pemasaran, Wahyu mengaku tak kerepotan karena mempunyai jaringan ke pasar di wilayah Bogor, Tangerang, dan Jakarta.

“Permintaan cukup banyak,” katanya. Menurut dia, masalah yang sering dihadapi adalah perawatan bibit kolam yang terbuat dari terpal plastik. Tak hanya itu, kadar air harus dikontrol agar ikan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Ia berharap, pemerintah memberikan bantuan berupa penyuluhan kesehatan, pembibitan, sehingga bisa bersaing dengan harga pasar. “Budidaya ikan memiliki potensi bagus, tinggal infrastruktur yang harus ditambah,” tandasnya.

(sumber: radar bogor)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan