Penyiponan – Pekerjaan Wajib Dalam Budidaya Gurame Kolam Terpal

Penyiponan adalah hal yang harus dilakukan dan merupakan salah satu kunci keberhasilan budidaya gurame kolam terpal. Dengan melakukan penyiponan yg teratur, kebersihan dan kesehatan air di dalam kolam terpal dapat terjaga serta tetap ideal untuk budidaya gurame.

alat penyiponan kolam terpal

alat penyiponan kolam terpal

Sipon alias Shift Pond merupakan tindakan untuk menyedot/membuang kotoran ikan dan sisa pakan serta kotoran lain yang terdapat di dasar kolam. Penyiponan ini wajib dilakukan oleh para pembudidaya gurame kolam terpal.

Pasalnya jika tidak dilakukan penyiponan, maka lama-kelamaan akan terjadi penumpukan kotoran gurame dan sisa pakan di dasar kolam terpal. Penumpukan ini kemudian akan meningkatkan kadar Amonia dan Nitrit yang bersifat racun.

Tanda gurame yang keracunan Amonia dan Nitrit diantaranya adalah gurame tampak lemas, lebih menyukai berenang di permukaan kolam kemudian tampak terengah-engah karena kekurangan oksigen.

Jika kondisi ini dibiarkan maka akan menimbulkan kematian masal gurame yang dibudidayakan di kolam terpal. Inilah mengapa penyiponan secara teratur mutlak dilakukan untuk meminimalkan konsentrasi Amonia dan Nitrit pada budidaya gurame di kolam terpal.

Lain halnya jika budidaya gurame dilakukan pada kolam tanah. Tindakan penyiponan ini tidak terlalu diperlukan mengingat kotoran gurame serta sisa pakan dapat langsung terurai.

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan