Pengembangan Budidaya Ikan Dewa Keuntungan Jutaan

Budidaya Ikan Dewa

Ikan DEWA atau semah/ikan gariang merupakan salah satu jenis ikan spesifik lokal air tawar Indonesia. Ikan ini memiliki beberapa keunggulan antara lain nilai ekonomi, nutrisi tinggi (albumin), kearifan lokal, dan budaya.
Pengembangan dan intensifikasi budaya ikan termasuk ikan dewa akan in-line dengan masalah munculnya penyakit, terutama penyakit infeksius (menular).
Oleh karena itu, BRSDM melalui @brpbatpp_bogor telah melakukan beberapa langkah antisipatif sebagai upaya pencegahan dan pengendaliannya terus dikembangkan untuk menentukan strategi pengelolaan kesehatan budidaya ikan dewa yang paling efektif dan efisien.

 

Beberapa penyakit yang sudah ditemukanpada pembudidayaan ikan dewa di Indonesia, antara lain :
– Parasit (protozoa, trematoda, argulidae, lernaeidae, saprolegniacea)
– Bakteri (Aeromonas spp., Flavobacterium spp., dan Pseudomonas spp.)

 

Strategi Pengendalian yang dikembangkan, antara lain :
– Pendekatan Bio-Terapi (reduksi stressor, imunoterapi, probiotik, bioremediasi, feed supplement/additive, dan herbal terapi, dll)
– Pendekatan Eko-Terapi (manipulasi parameter kualitas air determinan, rekayasa budidaya, resirkulasi, bioflok, akuaponik, dll)
– Pendekatan Kemo-Terapi (desinfektan, antibiotic, hormone, dll)
– Sedangkan pada kondisi lingkungan budidaya ikan dewa yang dapat dikontrol sepenhnya, seperti pada segmen pembenihan (hatchery) dan pendederan; direkomendasikan untuk menerapkan pengelolaan kesehatan ikan berbasis biosekuriti.

sumber : BRSDM kp

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan