Penebaran 42 Ribu Benih Ikan di Waduk Waru, Kabupaten PPU

Untuk menambah populasi ikan di perairan umum, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menebar 42 ribu benih ikan nila di Waduk Waru, Desa Sesulu, Kecamatan Waru, Selasa (5/4).

“Pelepasan benih ikan di perairan umum ini merupakan milik bersama. Jadi, siapapun bisa memancing ikan yang dilepas itu ketika sudah besar,” kata Usman.

Usman mengimbau kepada seluruh warga sekitar waduk diperkenankan mengambil ikan tersebut. “Kita berharap warga bisa mengambil ikan itu enam bulan kedepan. Tapi, warga hanya diperkenankan menangkap ikan dengan cara memancing. Sementara cara yang lain seperti menggunakan jala dan cara meracun itu dilarang,” imbuhnya.

“Kalau hanya memancing, populasi ikan tidak cepat terkuras dan bisa berkembang biak lagi. Kalau bisa yang mengambil ikan waduk itu hanya untuk kebutuhan konsumsi dan tidak untuk dijual,” sambungnya.

Ia mengungkapan, program tebar benih tersebut merupakan agenda tahunan Dinas Kelautan dan Perikanan. 2016, pihaknya menabur benih sebanyak 42 ribu ekor nila yang berusia dua bulan dengan anggaran Rp 20 juta. “Bibit nila hitam yang kita lepas tersebut berasal dari Banjarmasin,” ujarnya.

Untuk menjaga kelestarian populasi ikan di waduk milik pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) itu, Usman menekankan kepada pemerintah Desa Sesulu untuk berperan aktif melakukan pengawasan. Sehingga, penangkapan ikan dapat terkontrol. “Diperlukan peran pemerintah dan warga setempat untuk menjaga kelestraian populasi ikan dengan mengontrol warga yang menangkap ikan agar tidak menggunakan alat selain dari alat pancing,” tandasnya.

sumber: balikpapan.prokal.co

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan