Pemkot Pontianak Berikan Fasilitas Lahan Budidaya Bagi Petani Ikan

Untuk meningkatkan kapasitas produksi perikanan, Pemerintah Kota Pontianak – Kalimantan Barat memberikan fasilitas berupa penyediaan lahan pinjaman kepada kelompok tani dan nelayan.

“Saya minta camat dan lurah, kalau di wilayahnya ada lahan milik Pemkot yang tidak atau belum dimanfaatkan, bisa digunakan sebagai tempat atau media kelompok tani dan nelayan melakukan usahanya,” kata Wali Kota Pontianak Sutarmidji saat mengukuhkan 16 kelompok tani Kota Pontianak, Jumat.

kolam tanah ikan budidaya

ilustrasi

Sutarmidji menyatakan, Pemkot juga telah memiliki pusat pembibitan pertanian dan balai benih ikan untuk menyuplai kebutuhan bibit dan benih bagi kelompok tani.

“Bahkan sudah ada beberapa kelompok nelayan yang bisa membibitkan sendiri untuk jenis ikan lele,” ungkapnya.

Sutarmidji berharap, dengan dikukuhkannya kelompok tani, ke depan kelompok itu bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Selain itu, pembinaan dan koordinasi kelompok tani dengan instansi terkait juga diperlukan dalam meningkatkan kapasitas produksi pertanian dan perikanan.

“Kelompok tani harus mampu menyampaikan program-program yang harus dilakukan, dengan lebih sering mengadakan pertemuan-pertemuan untuk menyusun program kegiatan dan pandai-pandailah membaca kebutuhan pasar sehingga apa yang dihasilkan oleh petani dan nelayan bisa terserap oleh pasar,” ujar Sutarmidji.

Sementara itu, Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Suryatmi mengatakan, permodalan merupakan salah satu kendala yang kerap dihadapi petani dalam mengembangkan usahanya.

Namun menurutnya, saat ini telah ada 16 kelompok tani Kota Pontianak yang dinilai cukup bagus sehingga mereka mendapatkan permodalan dengan bunga non komersial dari beberapa bank, katanya.

“Hal ini menunjukkan bahwa dengan kesungguhan dan kekompakan dari anggota kelompok tani sebenarnya kesempatan untuk mengembangkan usaha cukup terbuka,” ujar Suryatmi.

(sumber: kalimantan-news)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan