Pemkab Sijunjung Bantu Bibit Ikan Nila Untuk Rumah Tangga Miskin

Untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat yang tergolong kurang mampu di wilayahnya, Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, menyalurkan bantuan bibit ikan nila untuk rumah tangga miskin (RTM).

Plt, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Kabupaten Sijunjung, Ir. Yulizar, didampingi Ir. Sutarto, Rabu, mengatakan, program pemberian bibit ikan nila satu upaya bagi Pemkab Sijunjung, mengurangi beban ekonomi RTM paska kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan kebutuhan sembilan bahan pokok.

benih ikan nila merah

Yulizar menjelaskan, program pembudidayaan ikan nila ini khusus ditujukan untuk keluarga RTM dan kelompok tani ternak ikan.Bagi yang berminat untuk membuka usaha ternak ikan, baik secara berkelompok maupun perorangan, akan diberikan bantuan bibit ikan nila ukuran 2 sampai 5 Cm.”Dengan adanya bantuan bibit ikan itu, diharapkan dapat membuka peluang usaha bagi masyarakat miskin, sehingga ekonomi mereka bisa meningkat,” katanya.

Namun, untuk mendapatkan bantuan bibit ikan tersebut, masyarakat harus menyiapkan lahan untuk pengembangan ternak ikan, seperti kolam atau keramba.Selanjutnya, baru diajukan permohonan untuk mendapatkan bantuan bibit yang diketahui oleh wali nagari setempat.

“Guna diketahui wali nagari, guna memastikan kalau yang bersangkutan benar-benar berasal dari keluarga kurang mampu, atau kelompok yang benar-benar aktif,” kata Yulizar.Setelah dinyatakan pantas mendapat bantuan bibit, maka pengambilan bibit dapat diambil di UPTD BBI Latang, maupun BBI Sumpur Kudus.

“Kita tidak akan mempersulit proses penyaluran bibit ikan itu, kalau syarat sudah lengkat RTM atau kelompok ternak ikan bisa mengambil ke lokasi pembibitan yang sudah ditunjuk,” kata Yunizar.

(sumber: antara sumbar)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan