Pemerintah Balikpapan Pacu Budidaya Ikan Air Tawar

Untuk meningkatkan perekonomian wilayah Balikpapan, pemerintah kota Balikpapan, Kalimantan Timur, mendorong pengembangan budi daya perikanan air tawar untuk menggantikan komsumsi ikan laut yang berkurang ketika terjadi cuaca buruk. Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Kota Balikpapan Arzaedi mengatakan pengembangan budi daya ikan air tawar juga bertujuan untuk mendorong peningkatan ekonomi nelayan.

Pendapatan nelayan juga akan ikut turun ketika cuaca sedang tidak bersahabat apabila mereka bergantung sepenuhnya terhadap tangkapan ikan laut. “Kalau ada disersivikasi akan ada produk tambahan yang bisa dihailkan tambahan yang bisa dihasilkan nelayan ketika cuaca sedang tidak mendukung,” ujarnya. Minggu (20/1).

Dia mengaku telah menggelar studi awal mengenai biaya pengembangan budi daya ikan air tawar pada daerah nelayan seperti Balikpapan Timur dan Balikpapan Barat. Hasil studi itu menyebutkan bahwa pengembangan layak dilakukan untuk diversifikasi produk perikanan .

Beberapa nelayan, tambahnya, bahkan telah melakukan diversifikasi sejak lama karena ada beberapa konsumen yang mencari ikan air tawar. Konsultan UMKN kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Muhamad Soleh menambahkan pihaknya juga telah melakukan survei terkait pengembangan perikanan air tawar. Dia menyebutkan perlu adanya kolonisasi pengembangan sesuai dengan ikan air tawar yang dihasilkan. “Misalnya satu daerah menghasilkan bibit ikan, satu daerah pakan, satu daerah pengembangan dewasa, Dengan begitu akan ada kelancaran penembanagan budi daya ini.” tambahnya.

Selama ini, pengembangan budi daya perikanan sering menemui kegagalan karena tidak adanya suplai bibit dan sarana pendukung bagi ikan. Akibatnya, nelayan sering mengalami kendala dalam pengembangannnya karena tidak adanya kelompok lain yang menopang. Soleh berharap pengembangan budi daya ikan air tawar ini bisa berhasil sebab memiliki efek yang cukup besar bagi masyarakat. Selain untuk memenuhi konsumsi ikan serta membantu meningkatkan pendapatan nelayan, bud daya juga mampu mencegah adanya persaingan tidak sehat yang menyebabkan harga ikan fluktuatif.

sumber: kkp.go.id

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan