Pembudidaya Tabalong, Kalsel Ikan Ikuti Permodalan

Modal dalam bisnis budidaya ikan merupakan salah satu hal penting untuk memulai budidaya ikan yang akhir akhir ini banyak diminati di Indonesia, salah satunya di Tabalong, Kalimantan Selatan. Sebanyak 100 pembudidaya ikan di Tabalong, Kalimantan Selatan, mengikuti forum permodalan untuk pengembangan kelembagaan perikanan.

Kegiatan itu di Gedung Djoeang Tanjung, Tabalong, Selasa, dengan pelaksana Dinas Tanaman Pangan, Peternakan, dan Perikanan Kabupaten Tabalong.

Kepala Seksi Bina Usaha Dinas Tanaman Pangan, Peternakan, dan Perikanan Tabalong Noor Aina mengatakan forum permodalan untuk mereka sebagai upaya menyamakan persepsi dan memecahkan berbagai persoalan terkait penambahan modal usaha.

“Dengan forum permodalan ini diharapkan terjalin kerja sama yang baik terhadap lembaga perbankan dan lembaga keuangan UKM dalam penambahan modal usaha,” katanya.

Pemerintah Tabalong menargetkan peningkatan produksi perikanan sebesar 70 per per tahun. Kepala Dinas Tanaman Pangan, Peternakan, dan Perikanan Pemkab Tabalong Aberani Aberar mengatakan pengembangan kelembagaan bidang perikanan perlu dilakukan.

Forum itu menghadirkan pihak perbankan, BRI Cabang Tanjung, dan pelaku UKM “Sahabat”, sebagai nara sumber. Kepala Bidang Perikanan Dinas Tanaman Pangan, Peternakan, dan Perikanan Pemkab Tabalong Khazairin mengatakan selama ini sejumlah pembudidaya ikan baik kolam maupun keramba mendapatkan bantuan usaha berupa bibit dan pakan.

Pada 2013, tercatat 500 orang pembudidaya ikan mendapatkan bantuan benih ikan, masing-masing 1.500 benih dan pakan sebanyak 150 kilogram. “Tiap tahun bantuan benih dan pakan kita salurkan ke sejumlah pembudidaya ikan dalam rangka peningkatan produksi perikanan yang ditargetkan 70 per tiap tahunnya,” kata Khazairin.

(sumber: antarakalsel)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan