Pembinaan Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar di Nagan Raya – Beutong

Pengelolaan sumber daya kelautan dinilai masih minim dan perlu ditingkatkan. tentunya, untuk peningkatan tidak terlepas dari campur tangan pemerintah pusat, terutama pemerintah daerah. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nagan Raya berencana akan membina sebanyak 56 kelompok budidaya ikan air tawar di wilayah itu.

“Untuk mengembangkan para nelayan di Nagan Raya, Dinas Kelautan akan membina sebanyak 56 kelompok budidaya ikan air tawar,” kata Kepala Dinas Kelautan Nagan Raya, TJ Alamudin S.Sos MM.

Selain membina, kata Alamudin Dinas Perikanan juga memberikan bibit ikan, seperti Ikan Nila, Ikan Emas, Ikan Lele dan Kerling, tujuan untuk di produksikan ke masyarakat yang mempunyai keinginan untuk menjadikan Idustri Rumah Tangga.
Ia mengaku, bantuan budidaya ikan air tawar itu bantuan jenis permberdayaan untuk para nelayan. Walaupun kedepannya harus dilakukan pembenahan dan evaluasi demi meningkatkan sumber daya alam.

Pada tahun 2012 diakui sekitar. 398,5 Ton Produksi Benih ikan, di Balai benih ikan yang yang berada di Kecamatan Beutong dan UPR (Unit Pembibitan Rakyat) juga di kawasan Kecamatan Beutong.

“Sampai saat ini Dinas tidak memanggil investor untuk menanamkan modal di bidang Perikanan, tapi Dinas fokus untuk meningkatkan Sumber daya Manusia (SDM) dalam bidang budiyakan ikan.” jelasnya.

Lebih lanjut, Dinas Kelautan juga berencana untuk merelaisasikan pembuatan kerambah di Desa Kula Trang. Menurutnya lokasi itu cukup stategis, dan akan upayakan di tahun depan.

“Mungkin ini kita upayakan ditahun 2014, dengan anggaran program penggunaan dana APBK 2014,” katanya menambahkan.
Selain bantuan, kata Alamudin, pihkanya telah mengajukan kepada pemerintah pusat agar diberikan bantuan kapal ikan sebanyak 10 unit, dengan tujuan meningkatkan hasil tangkapan para nelayan di Nagan Raya.

“Kita sudah mengajukan permintaan kapal ikan sebanyak 10 unit kepada pemerintah pusat, agar nelayan di Nagan Raya bisa meningkat hasil tangkapannya,” pungkasnya.

(sumber: diliputnews)

analisa usaha budidaya ikan air tawar