Peluang Budidaya Ikan Air Tawar di Mataram Masih Terbuka

Peningkatan ekonomi kerakyatan diarahkan dengan menggalakkan budidaya perikanan air tawar, hal ini terkait dengan maraknya alih fungsi lahan pertanian di Kota Mataram sulit dihindarkan.

Dikatakan Walikota Mataram H Ahyar Abduh, setiap tahun selalu terjadi penyusutan lahan pertanian. Salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan adalah menggalakan budidaya ikan air tawar.

Untuk itulah, lomba masak serba ikan kembali digelar untuk meningkatkan kegemaran masyarakat mengkonsumsi ikan. Ikan diketahui memiliki kandungan protein tinggi dan relatif lebih aman dari kolesterol. “Sekaligus kita menggalakkan peningkatan produksi budidaya ikan laut dan tawar,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Mataram H. Lalu Mazhuriadi mengatakan, tahun 2012 capaian tingkat konsumsi ikan di Kota Mataram adalah 23 kilogram perkapita per tahun dari sasaran 25 kilogram perkapita pertahun. Tahun ini, lomba masak serba ikan diikuti 42 stand terdiri dari tim penggerak PKK, Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Dharma Wanita Persatuan Kota Mataram, serta peminat makanan serba ikan baik pribadi maupun kelompok.

Melalui peningkatan konsumsi ikan, selain berpengaruh terhadap peningkatan kualitas SDM, juga akan meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya nelayan, pembudidaya dan pengolah hasil perikanan. ‘’Gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) salah satu kegiatannya berupa lomba masak serba ikan. Tujuannya untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan khususnya di Kota Mataram,’’ jelas Mazhuriadi.
Selain itu, dengan semakin maraknya lomba masak serba ikan maka akan semakin banyak variasi menu serba ikan yang baru dan lebih inovatif untuk disajikan menjadi makanan sehari-hari dalam keluarga. Jenis masakan yang dilombakan adalah hidangan ikan.

(sumber: lombokkita)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan