Pelatihan Observer Perikanan di Akademi Perikanan Bitung

Direktur Akademi Perikanan Bitung Ir. Samuel Hamel, M.Si didampingi Direktur PT. Harini Duta Ayu Leonardi Nalendra, Pimpinan IMACS Indonesia Prof. M. Badruddin dan Mr. Androw Harvey (England) membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Observer Perikanan yang dilaksanakan di ruang rapat Akademi Perikanan Bitung, kegiatan berlangsung atas kerja sama PT. Harini Duta Ayu Jakarta dengan Akademi Perikanan Bitung dan didukung oleh IMACS (Indonesia Marine And Climate Support) dengan tema “Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Akademi Perikanan Bitung (APB) untuk Menghasilkan Onboard Observer Yang Profesional ” selama 6 hari mulai tanggal 26-31 Agustus 2013.

Dikatakan oleh Ketua Panitia Pelaksana dari AP-Bitung Hetty Ondang, S.Pi,M.Si bahwa Akademi Perikanan Bitung sebagai salah satu Perguruan Tinggi milik Kementerian Kelautan dan Perikanan yang menghasilkan lulusan kualifikasi D.III Jurusan Teknik Penangkapan Ikan merupakan salah satu penyedia calon tenaga observer, maka dilakukan Diklat Observer on Board bagi lulusan Akademi Perikanan Bitung. Dengan tujuan pelatihan pemantau agar pemahaman mengenai regulasi nasional dan regional terkait kegiatan pemantau dan kegiatan penangkapan ikan, dan jumlah hasil tangkapan dalam melakukan pencatatan kedalam sebuah formulir atau borang, dengan jumlah peserta 50 orang yang semuanya lulusan/alumni Akademi Perikanan Bitung.

Dikatakan pula oleh Direktur AP-Bitung Ir. Samuel Hamel dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan pelatihan Observer On Board Perikanan, mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan strategis untuk menghasilkan tenaga observer onboard yang profesional dalam mendukung program Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam memantau Kapal Penangkap Ikan dan Kapal Pengangkut Ikan yang bertanggung jawab, sesuai dengan serta dapat meningkatkan kesejahteraan para tenaga observer.

Direktur PT. Harini Duta Ayu Leonardi Nalendra mengatakan bahwa perusahaan yang beliau pimpin sudah banyak kali melatih tenaga observer harapannya untuk 50 peserta yang sekarang di latih agar bisa menjadi tenaga observer yang profesional. Menurut pimpinan IMACS Prof. M. Badruddin, Pelatihan di APB ini merupakan kegiatan yang ke tiga setelah dilaksanakan di STP jakarta dan Akademi Perikanan Sorong (APSOR), harapan beliau para peserta dapat melakukan tugasnya sebagai mandate yang diberikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk menjadi observer yang kompeten, pungkasnya.

Menurut Koordinator Pelatihan dari PT. Harini Duta Ayu, M. Sumardi bahwa pelatihan ini selama 124 JP dibagi dua sesi, teori dan praktek. Dalam kegiatan pembukaan dilakukan pula penanda tanganan akad/perjanjian kerja sama Akademi Perikanan Bitung dengan PT. Harini Duta Ayu tentang penyedia tenaga kerja.

(Sumber: kkp)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan