Payakumbuh Dorong Warga Untuk Budidaya Ikan Air Tawar

Budidaya ikan air tawar semakin digencarkan di beberapa daerah di Indonesia. Mengingat potensi alam yang tersedia dan untuk menambah pengkasilan masyarakat. Hal ini juga dilakukan di Payakumbuh, Sumbar.

Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Mediar Indra mengajak warga daerah itu untuk menggeluti budidaya ikan air tawar sebagai penambah penghasilan keluarga.

“Kota Payakumbuh masuk nominasi mendapatkan penghargaan Indonesia Millenium Development Goals Award 2012 dari sektor pembudidayaan ikan air tawar, jadi produksi ikan harus terus ditingkatkan,” katanya di Payakumbuh, Jumat.

Menurut Mediar, jumlah kelompok pembudidayaan ikan air tawar di Payakumbuh sudah cukup banyak, namun belum semua melakukan pengelolaan secara profesional.

“Kelompok yang telah mulai mengelola secara profesional di antaranya kelompok Angin Timour Balai Jariang, Kecamatan Payakumbuh Timur,” kata Mediar.

Kelompok Angin Timour itu, kata dia telah mampu mengolah ikan air tawar dengan aneka ragam makanan, seperti Nugget dan sosis ikan. Dia mengatakan, jika seluruh kelompok mampu berbuat seperti itu, maka ekonomi petani ikan bakal lebih meningkat.

Mediar menambahkan, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pertanian bidang perikanan, terus meningkatkan konsumsi ikan dengan cara menyosialisasikan dan mengupayakan agar masyarakat kota ini gemar makan ikan.

“Pada 2013 ini ditargetkan masyarakat makan ikan sebanyak 30 kg perkapita pertahun, dibanding 2012 ini sudah jauh meningkat karena sebelumnya hanya 28.22 kg perkapita pertahun,” kata Mediar Indra didampingi Kepala Bidang Perikanan, Gesmalinda.

Upaya agar masyarakat gemar makan ikan juga dilakukan melalui berbagai cara seperti menyosialisasikan kepada ibu-ibu PKK, penyebaran stiker melalui kelompok-kelompok tani, penyuluhan tentang manfaat makan ikan dan lainnya. Dinas Pertanian setempat juga mendorong upaya antisipasi agar masyarakat tidak bosan mengkomsumsi ikan dengan mengolah makanan dari ikan seperti bakso ikan, otak-otak ikan, pecel lele, nugget.

Menurutnya, mengkonsumsi ikan secara terus menerus apalagi diberikan pada anak usia dini pada masa pertumbuhan, mampu meningkatkan gizi balita.

“Gizi ikan cukup tinggi dan sangat berguna untuk pertumbuhan anak serta meningkatkan IQ,” kata dia. Kendala yang dihadapai dalam budidaya ikan air tawar di Payakumbuh menurut dia adalah terbatasnya lahan kolam ikan. Keterbatasan itu terbantu dengan budidaya ikan di kolam air deras.

(sumber: antara)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan