Olahan Serba Ikan Lele Dikembangkan PKK Ngajum

Desa Maguan, Kecamatan Ngajum merupakan wilayah peternak lele yang merupakan komoditas primadona budidaya ikan desa setempat. Hal ini membuat kreatifitas tinggi yang ditunjukkan tim penggerak PKK Desa Maguan, mereka bertekad mengembangkan hasil olahan ikan lele secara maksimal.

pembuatan kerupuk ikan lele

Para ibu rumah tangga ini punya harapan seluruh jenis hasil olahan produksinya juga dipatenkan dan mempunyai pangsa pasar yang luas.

Nurahna, salah satu anggota TP-PKK Desa Maguan, Kecamatan Ngajum mengaku, dirinya dan sebagian besar anggota TP-PKK Desa Maguan sudah begitu fokus menekuni kegiatan pengolahan berbahan ikan lele. Produk yang dihasilkan diantaranya abon daging lele, keripik daging lele, keripik tulang lele dan kaki naga daging lele. Hampir tiga tahun berjalan, pengembangan produk masih sebatas dipasarkan ke pemesan.

’’Hasil olahan selama ini dipasarkan di lingkup pemesan, sifatnya masih perorangan. Kami ingin mengembangkan usaha ini dengan baik,” terang Nurahna kepada Malang Post.

Ibu berjilbab ini mengatakan, anggota TP-PKK memiliki program yang akan dijalankan dalam upaya mewujudkan pengembangan usaha. Diantaranya, adalah mematenkan produk dengan terdaftar ke Departeman Kesehatan (depkes) melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Malang. Selain itu, mereka melirik Pusat Promosi Kendedes Singosari, milik Pemkab Malang, sebagai salah satu tempat display produksi.

Nurahna sendiri sudah menjalankan kegiatan produksi ini selama tiga tahun terakhir. Dia memanfaatkan hasil produksi ternak ikan lele yang dikelola suaminya Karno, sebagai bahan produk olahan. Diakuinya, pemasaran untuk hasil olahan produksinya tergolong masih belum maksimal. Bahkan, cenderung susah untuk mendapatkan pihak yang siap menerima seluruh jenis produknya.

’’Pemasarannya masih susah. Saya mulai belajar memproduksi dari kegiatan pembelajaran program KKN mahasiswa,” pungkasnya.

(Sumber : Malang Post)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan