Nafsu Makan Ikan Berkurang Saat Musim Pancaroba

Usaha pembibitan ikan sangat terpengaruh oleh musim pancaroba. Nafsu makan ikan jadi berkurang dan tentunya berdampak pada berat badan dan pertumbuhan bibit ikan.

Kurangnya pasokan air membuat proses pembesaran menjadi sulit. Petani juga terpaksa mengurangi porsi makan ikan karena kalau kebanyakan ikan justru akan mati.

usaha pembibitan ikan nila

Cuaca yang panas di siang hari dan dingin ketika malam, juga cukup mempengaruhi proses pembibitan ikan. Ikan cenderung memilih berada dipermukaan air karena tidak tahan panas. Mulutnya juga dibuka-buka untuk menyeimbangkan suhu tubuh. Ketika kondisi air lancar, ikan akan memilih berada di dekat air yang mengalir.

Ketika malam, ikan juga kekurangan oksigen karena air tidak maksimal. Ketika siang hari ikan tidak mau makan jika belum terkena sinar matahari. Dalam keadaan normal, ikan bisa diberi makan sampai tiga kali. Sedangkan sekarang seringnya hanya dua kali sehari. Itupun porsinya juga berkurang.

Kurangnya makan secara otomatis berpengaruh terhadap timbangan. Kalau biasanya satu ekor benih bisa mencapai 20 gram, sekarang tinggal 8-9 gram perekor.
(Sumber : KR Jogja)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan