Minat Petani Bertambah, Permintaan Benih Ikan Nila di Pangkalpinang Meningkat

Meningkatnya minat petani Pangkalpinang untuk mengembangkan usaha budidaya perikanan ikan nila, permintaan benih ikan nila di Balai Benih Ikan Lokal (BBIL) Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, meningkat.bibit ikan nila merah

“Saat ini permintaan benih ikan nila mencapai 70 ribu ekor perbulan atau meningkat, jika dibanding permintaan sebelumnya yang berkisar 40 ribu ekor,” kata Kepala BBIL Pangkalpinang, Teguh Sutoto di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan, meningkatnya permintaan benih itu, seiring dimulainya pergantian musim dari kemarau ke hujan. Karena petani membutuhkan air yang cukup banyak, untuk mengembangkan usaha perikanan itu.

“Banyaknya permintaan petani itu cukup membuat kami kewalahan, karena benih ikan nila yang ada terbatas.
Sehingga tidak semua permintaan itu dapat terpenuhi. Selain itu perkembangbiakan ikan tersebut, masih dilakukan secara alami,” katanya.

Ia menjelaskan, benih itu akan diberikan secara gratis agar dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mendorong minat petani, agar pembudidayaan ikan tawar dilakukan dengan baik dan benar. Sehingga tetap berlanjut, mengingat ikan tersebut masih banyak digemari oleh warga.

“Petani lebih banyak mengajukan permintaan terhadap ikan nila, karena nilai jual yang masih tinggi, serta peminat warga untuk mengonsumsi ikan itu juga tinggi. Sebab rasanya juga tidak kalah enak, jika dibanding dengan ikan laut dan daging,” katanya.

Menurut dia, mengembangkan usaha ikan tawar itu cukup baik untuk dijalani, mengingat tingginya nilai jual ikan itu. Namun kebanyakan warga lebih memilih pekerjaan lain yang lebih cepat menghasilkan uang.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan, warga sudah terbiasa dengan cara instan yang cepat menghasilkan uang banyak. Misalnya menambang bijih timah dan lainnya,” ujarnya.

Ia berharap, petani yang telah mendapatkan bantuan dari BBIL dapat mengembangkan usaha ikan itu dengan baik. Sehingga bisa membantu petani lain yang membutuhkan benih dan dapat saling tolong menolong sesama petani.

“Semoga petani yang telah mendapat bantuan benih itu, bisa mengembangkannya dengan baik dan benar. Sehingga dapat menolong petani lain yang sulit mendapatkan benih. Jadi petani tidak hanya sekedar melakukan pemeliharaan, namun juga membudidayakannya dengan baik,” ujarnya.

(sumber: skalanews)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan