Minapadi Lele Aman Dari Hama Tikus

Banyak keuntungan yang didapat pada budidaya minapadi, selain dapat memperoleh panen ganda ternyata pola minapadi akan membuat tanaman padi aman terhadap serangan hama tikus. Budidaya minapadi dengan ikan lele di Desa Soropadan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, bisa mengamankan tanaman padi dari serangan hama tikus.

ilustrasi sistem mina padi lele

ilustrasi sistem mina padi lele

Ketua Kelompok Tani Mina Sumber Rejeki, Kusnindar di Temanggung, Jumat, mengatakan dari beberapa jenis ikan yang ditebar di lahan padi ternyata lahan minapadi dengan ikan lele ternyata aman dari serangan hama tikus.

“Minapadi dengan ikan nila, mas, dan udang, tanaman padi masih diserang tikus tetapi minapadi dengan ikan lele ternyata tanaman padi masih utuh tidak diserang tikus,” katanya.

Ia mengatakan hal tersebut di hadapan Bupati Temanggung Bambang Sukarno, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah Lalu M. Safriadi, dan Direktur Produksi Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Coco Kokarkin Sutrisno usai penebaran bibit ikan di minapadi kolam dalam Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat, Temanggung.

Kusnindar menuturkan, menanam padi dengan sistem minapadi tidak mengurangi produksi padi, tetapi petani justru mendapatkan nilai tambah dari hasil ikan.

Ia menyebutkan, budidaya minapadi di Desa Soropadan pada 2011 hanya sekitar 8.000 meter persegi, kemudian 2012 meningkat menjadi 3,5 hektare, dan saat ini telah mencapai lima hektare.

(sumber: antara jateng)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan