Metode Pembayaran Yang Aman Dalam Jual-Beli Online

Dalam berbisnis online, metode pembayaran merupakan suatu hal yang terkadang menjadi kendala terhadap kepercayaan antara pembeli terhadap penjual produk. Selama ini, transfer bank merupakan cara pembayaran dalam bisnis online yang banyak dilakukan karena kepraktisannya.

ilustrasi pembayaran online

Namun, dengan cara itu seringkali para pembeli khawatir dengan aksi penipuan, karena memang saat ini sering terjadi penipuan dengan modus jual beli dalam bisnis online. Hal tersebut sangat disayangkan mengingat masih banyak penjual online yang benar-benar menjual produk yang mereka tawarkan kepada pembeli di media online.

Solusi

Jika anda adalah seorang pembeli online yang masih ragu untuk membeli karena masalah penipuan tersebut, ada beberapa metode pembayaran yang lain dan dapat dikatakan lebih aman dari transfer bank. Adapun cara pembayaran pada bisnis online yang aman adalah:

1. Bayar Tunai di Alamat
Pilihlah penjual online yang mempunyai alamat yang jelas. Jika anda mempunyai teman, kerabat, maupun saudara yang tinggal di dekat alamat penjual tersebut, tidak ada salahnya jika anda meminta tolong kepadanya untuk memastikan kebenaran penjual tersebut dan membayarkan biaya pemesanan anda di alamat. Jika hal tersebut dapat dilakukan, maka uang yang anda bayarkan dapat dipertanggungjawabkan, penjual tersebut benar-benar ada, dan barang yang anda belipun akan segera anda dapatkan.

2. Melalui WeselPos
Jika anda tidak dapat membayar tunai di alamat penjual karena tidak adanya teman, kerabat, ataupun saudara yang tinggal di dekat alamat penjual, sebenarnya ada metode pembayaran online lain yang sangat aman, cepat, dan mudah, yaitu WeselPos.

formulir wesel pos

formulir wesel pos

 

Kami mengatakan bahwa WeselPos adalah cara transaksi yang aman karena:

  • Pengirim uang melalui WeselPos harus menyertakan nama dan alamat yang jelas (sesuai KTP) penerima uang di formulir WeselPos.
  • Jika kantor pos tidak menemukan nama dan alamat yang jelas (sesuai KTP), maka pengiriman tidak dapat dilakukan, dan kemungkinan besar penjual tersebut adalah pelaku penipuan.
  • Penerima uang WeselPos harus menunjukkan KTP asli (bukan fotokopi) kepada petugan WeselPos ketika akan mengambil kiriman uang. Jika nama dan alamat pada KTP asli sesuai dengan yang dituliskan oleh pengirim uang, maka uang dapat diterima dan dapat dipastikan penjual tersebut benar-benar ada dan bukan penipuan.
  • Penerima uang melalui WeselPos juga diharuskan meninggalkan fotokopi KTP, cap 3 jari, dan tanda tangan sesuai KTP asli serta tidak dapat diwakilkan. Hal tersebut diwajibkan oleh WeselPos untuk menjamin keamanan pengiriman uang.
  • Jika penerima uang WeselPos tidak dapat menunjukkan KTP asli kepada petugas, ataupun nama dan alamat pada KTP tidak sesuai dengan yang dituliskan oleh pengirim uang, maka uang tidak dapat diterima dan akan dikembalikan kepada pengirim. Kemungkinan penjual tersebut adalah penipu, namun uang anda masih aman karena penipu tersebut tidak dapat mengambilnya dan anda dapat mengambil kembali.

Untuk informasi lebih lanjut maupun prosedur mengenai pengiriman uang melalui weselpos, silahkan hubungi kantor pos terdekat di daerah anda.

Surya Mina adalah salah satu penjual online yang membuka diri untuk menerima pembayaran melalui beberapa cara, baik transfer bank, bayar tunai di alamat, maupun WeselPos. Jika anda masih ragu dengan metode transfer bank, maka dengan cara bayar tunai di alamat kami maupun melalui WeselPos dapat dilakukan dalam transaksi dengan Surya Mina. Untuk itu, jangan pernah ragu untuk bertransaksi dengan Surya Mina.

 

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

2 komentar untuk "Metode Pembayaran Yang Aman Dalam Jual-Beli Online"

  1. lusman says:

    mohon info untuk cara pemesanan bibit dan cara budi daya ikan nila dan gurami.Tq

Tinggalkan Pesan