Jadilah pengikut Surya Mina Farm untuk mendapatkan informasi mengenai Budidaya Ikan Air Tawar secara GRATIS setiap harinya.
HP: 08122 6633 426 Surya Mina
KeluarTemukan Pembaharuan Kami di Facebook
Jadilah pengikut Surya Mina Farm untuk mendapatkan informasi mengenai Budidaya Ikan Air Tawar secara GRATIS setiap harinya.

Mengatasi Air Hijau ( Green Water ) Pada Kolam Ikan Hias

Persoalan air berwarna hijau bisa timbul karena kesalahan kita saat menguras ruang filterisasi. Anda yang rajin membersihkan kolam ikan koi mungkin suatu hari akan kaget ketika menemukan air kolam Anda berubah warna menjadi hijau.

Warna air hijau memang masalah biasa. Ini bisa terjadi karena ketika membersihkan bagian kolam, Anda merasa tak ada lagi “bakteri” di dalam media filter atau penyaring. Akibatnya, kestabilan ekosistem kolam terganggu.

air kolam ikan koi berwarna hijau

Warna kehijauan tersebut adalah alga yang tumbuh subur karena ada oksigen, sinar matahari dan tingginya nitrat. Ketika alga dalam air mendapat pasokan makanan dari kotoran yang dikeluarkan oleh ikan, lalu mendapat sinar matahari, ia akan berfotoseintesis dan semakin berkembang biak. Saat populasi alga dalam kolam semakin bertambah banyak, air kolam akan semakin bertambah hijau.

Untuk mengatasinya, menurut Budi Wijaya dari Fish Paradise dalam buku Panduan Lengkap Memelihara Koi, caranya adalah dengan dengan memakai sistem filter yang baik dan lampu ultra violet. Kapasitas filter tersebut mesti mencapai 30 – 40 persen dari volume air kolam. Kapasitas filter yang cukup besar membuat alga tak bisa berkembang pesat karena air keburu masuk ke dalam filter lagi.

Hal penting lainnya, sistem filter sebaiknya merupakan gabungan antara mekanik, biologi, dan kimia. Terakhir, pasang lampu UV di atas chamber terakhir filter yang akan masuk dalam kolam. Sinar ultraviolet dari lampu ini cukup ampuh membunuh bakteri, juga membuat air yang masuk ke kolam juga tetap jernih.

Bagi yang tertarik, langkah ini disarankan terutama dua minggu pertama ketika kolam koi dipakai. Filter yang memiliki UV akan mengikat alga menjadi gumpalan yang mudah disaring. Filter lantas menjadi mudah dibersihkan, karena ketika kotoran menumpuk, hanya dengan 2 -3 kali pembasuhan saja media filter bisa digunakan kembali.

(sumber: kompas)

analisa usaha budidaya ikan air tawar
HP: 08122 6633 426 Surya Mina