Martabe Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar di Tapanuli Selatan

Tambang Emas Martabe berupaya mengembangkan potensi lokal di lingkar wilayah operasinya. Salah satunya lewat pengembangan usaha perikanan air tawar di sejumlah desa di Kecamatan Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Hal ini dilakukan untuk memberikan kontribusi signifikan bagi pembangunan kesejahteraan ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

budidaya nila di tapanuli selatan

Program pengembangan perikanan air tawar itu, dilakukan melalui kelompok tani dan kelompok pemuda desa setempat. Salah satunya lewat Kelompok Pemuda Desa Wek IV, yang sejak April 2011 mendapat bantuan pembesaran 600 ekor ikan nila berikut peralatannya.

Di Desa Sumuran, Tambang Emas Martabe mendukung pembesaran 10.000 bibit ikan lele dan nila, berikut bantuan pakan dan peralatannya bagi Kelompok Tani Lestari Jaya, sejak Oktober 2011.

Kemudian di Desa Batuhula, sejak Mei 2012 Tambang Emas Martabe mendukung pembesaran 3.500 ekor bibit ikan emas, berikut pakan dan peralatannya bagi Kelompok Tani Marsada Dua.

Sedangkan di Desan Aek Pining, sejak Juni 2012 Tambang Emas Martabe mendukung pembesaran 3.000 ekor bibit ikan gurame beserta pakan dan peralatannya, yang diberikan melalui Kelompok Tani Ojolali.

“Kami selalu berupaya mengoptimalkan potensi sumber daya lokal, guna memberdayakan peluang dan merangsang pertumbuhan ekonomi, yang bermuara pada penciptaan aktivitas usaha mandiri dan berkelanjutan,” tutur Presiden Direktur G-Resources Martabe, Peter Albert.

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan