Lomba Memancing Bawal Meriah Digelar di Berau Kaltim

Sebanyak 42 lapak di atas kolam pemancingan ikan balwal seluas 20 x 10 meter padat terisi oleh seluruh peserta. Para pemancing saling unjuk kebolehan sekaligus merasakan sensasi ketika mata pancing disambar ikan bawal dan patin dengan berat 3 hingga 5 kilogram. Seperti inilah gambaran pada lomba mancing yang dilaksanakan di simpang Km 5 hasil garapan Paguyuban Pemancing Kolam di Kabupaten Berau, Sabtu (8/6) pagi.

Kurang lebih empat jam waktu yang diberikan panitia lomba, dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para peserta lomba mancing. Hasil tangkapan yang banyak maupun berat ikan menjadi modal keberhasilan untuk menjadi juara, sebelum mereka berpindah lokasi sesuai dengan no urutan genap dan ganjil yang dibagi oleh panitia. Panitia lomba Abdul Rifai menyampaikan, kegiatan ini memang baru pertama kali dilaksanakan dan terbuka untuk umum.

Tujuan utamanya adalah untuk mempererat tali silaturahmi sesama anggota maupun penggila mancing yang ada di dalam daerah. “Selain untuk meningkatkan silaturahmi, kegiatan ini akan menjadi wahana hiburan bagi warga, khususnya pencinta mancing air tawar,” katanya. Dijelaskannya, antusias warga dalam mengikuti lomba ini lumayan tinggi.

Tercatat ada sekitar 60 orang yang mendaftar, namun pihaknya hanya membatasi sekitar 40 peserta saja. Alasannya melihat luasan dan lebar kolam yang memang tidak memungkinkan. Namun, ke depan pihaknya akan membahasnya kembali, untuk menggelar event yang lumayan besar, sehingga peserta yang belum kebagian dapat unjuk kebolehan merasakan sensasi memancing di air tawar.

“ Insya Allah ke depan kami akan gelar yang lebih meriah lagi,” jelasnya. Abdul Rifai atas nama panitia lomba mengucapkan terima kasih atas dukungan sponsor yang telah menyediakan berbagai macam hadiah maupun jakpot bagi yang dapat mengangkat ikan bawal dengan berat 3 kilogram lebih.

Di tempat yang sama, Yadi, peserta lomba yang berhasil mengangkat ikan bawal dengan berat 3 kilogram lebih ini mengakui, bahwa sensasi memancing di air tawar ini sensasinya luar biasa, ketika mata pancing disambar ikan dengan berat diatas 3 hingga 4 kilo lebih.” Luar biasa sensasinya, ada kepuasan ketika berhasil mengangkat ikan ini,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan ini dapat diagendakan oleh panitia, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi penggila mancing air tawar yang ada di dalam daerah. Selain itu, melalui kegiatan tersebut, setidaknya akan membangun komunikasi dan tukar informasi sesama pemancing, sekaligus pula ajang silaturahmi dengan beberapa peserta.

(sumber: kaltimpost)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan