KeluarTemukan Pembaharuan Kami di Facebook
Jadilah pengikut Surya Mina Farm untuk mendapatkan informasi mengenai Budidaya Ikan Air Tawar secara GRATIS setiap harinya.

Langkat Bangun Pabrik Tepung Ikan Dengan Kapasitas 5 Ton / Hari

Untuk meningkatkan produksi hasil perikanan di Langkat, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Langkat Sumatera Utara akan membangun pabrik tepung ikan dengan kapasitas 5 ton per hari di kecamatan Brandan Barat.

“Kita akan bangun pabrik tepung ikan dengan kapasitas 5 ton per hari,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Langkat Ali Mukti Siregar di Stabat, Selasa.

Pembangunan pabrik tepung ikan ini dibiayai dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2013. Pembangunan pabrik tepung ikan ini dimaksudkan untuk pengadaan pakan untuk budidaya ikan yang dilakukan nelayan yang ada di pesisir pantai timur Langkat.

“Karena selama ini, budidaya ikan yang dilakukan nelayan terhambat dikarenakan ketiadaan pakan, padahal salah satu peningkatan produksi harus ada pakan,” ujarnya.

Ali Mukti menjelaskan bahwa bila selama ini budidaya ikan menghasilkan 7.000 ton per tahun, maka dengan adanya produksi pakan ini diharapkan budidaya ikan semakin meningkat.

Pihaknya memprediksi dengan adanya pabrik tepung ikan yang memproduksi pakan maka diperkirakan produksi dari budidaya ikan mencapai sekitar 10.000 ton per tahun.

Pakan yang diproduksi dari pabrik pakan ini nantinya diperuntukkan untuk budidaya ikan nila, emas, lele dan patin.
“Keberhasilan pembangunan pabrik pakan ikan ini tidak terlepas dari peran Bupati Langkat Ngogesa Sitepu yang begitu peduli terhadap budidaya ikan bagi peningkatan kesejahteraan ekonomi nelayan,” katanya.

Sehingga instansinya didorong memperjuangkan agar dana pusat dapat dimanfaatkan untuk mendirikan pabrik tepung ikan.

(sumber: antarasumbar)

analisa usaha budidaya ikan air tawar