Lanal Tegal Budidayakan Ikan Lele

Di Lanal Tegal, pemanfaatan lahan tidur (Ladur) dimotivasi oleh Danlanal Tegal Letkol Laut (P) Joko Triwanto dengan menggerakkan anggota untuk bergiat membudidayakan ikan lele.

Memanfaatkan lahan kosong atau kita sering menyebutnya sebagai Ladur (lahan tidur) merupakan kegiatan yang sangat positif dan banyak manfaatnya di sebagian Masyarakat di daerah-daerah pedesaan, sering di lakukan dan diterapkan mengingat manfaat yang diperoleh dari pemanfaatan ladur tersebut sangat baik sekali. Demikian juga di berbagai Kota dan kantor Instansi, baik sipil maupun militer tak terkecuali pemanfaatan lahan kosong di Lanal Tegal.

budidaya ikan lele di lanal tegal

Dijelaskan Danlanal Tegal, pembudidayaan ikan lele diharapkan bisa memberi pembelajaran bagi para anggota Lanal yang memiliki lahan kosong di rumahnya masing-masing atau bagi anggota yang akan memasuki masa pensiun. Karena pembudidayaan ikan lele ini bisa memberi nilai tambah bagi anggota keluarganya.

Di Lanal Tegal budi daya ikan lele memanfaatkan lahan kosong di samping halaman parkir Mako Lanal dengan menempati luas tanah 6 meter kali 12 meter menggunakan 3 kolam berbentuk silinder. Untuk satu Kolam Ikan berdiameter 2 meter dengan ketinggian 1,70 meter, satu kolam bisa memuat 3 ribu sampai 4 ribu ikan lele. Menggunakan bahan deklit plastik dan terpal serta pagar besi, dengan pembibitan ikan lele mulai umur satu bulan, ikan siap dipanen setelah berumur 3 bulan dari masa tanam (pembibitan).

Selama kegiatan budi daya ikan lele tersebut Lanal Tegal telah menikmati hasilnya dengan panen lele untuk yang pertama kalinya.

(sumber: tnial.mil.id)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan