Lahan Rawa Sangat potensial Untuk Budidaya Ikan Patin

Budidaya perikanan air tawar sangat terbuka lebar di Indonesia, banyak lahan yang tersedia dan pangsa pasar yang cukup besar pula. Lahan rawa Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia yaitu sekitar 33,43 juta hektar (data Badang Litbang Pertanian) yang tersebar di Pulau Sumatera, Kalimantan, Papua, dan Sulawesi.

Para Orde Baru, kawasan berawa termasuk lahan gambut didorong untuk berubah menjadi kawasan agrikultur, pertanian atau perkebunan, namun pendekatan ini ternyata sangat mahal dan hasilnya tidak bisa maksimal seperti bila dibandingkan dengan hasil di Pulau Jawa.

Secara alami, lahan rawa berfungsi sebagai menyeimbang di air, yang menyaring material racun dan menjadi habitat sementara berbagai organisme serta spesies termasuk ikan patin.

Para peneliti dari Badan Litbang Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP) mendapati bahwa penduduk di Kalimantan telah lama memanfaatkan kawasan gambut sebagai kolam (disebut dengan beje) untuk memerangkap ikan saat permukaan air sedang menyusut.

Setiap beje bisa menghasilkan 500-2.000 kilogram ikan, seperti dikutip dari hasil penelitian yang disusun oleh Mas Tri Djoko Sunarno dan Marson dari Balitbang KP.

Melihat peluang ini, sekarang banyak penduduk di kawasan berawa di Jambi, Sumatera Selatan, Riau, dan Kalimantan membudidayakan ikan patin (Pangasius sp) di keramba.

Ikan patin dibesarkan di keramba yang berada di dalam air rawa, kemudian diberikan pakan selama 5 bulan, dan menghasilkan rata-rata 500 kg patin untuk setiap keramba berukuran 300 meter persegi.

Ini merupakan peluang bagi budidaya ikan patin sekaligus memanfaatkan kawasan berawa untuk mendukung industrialisasi perikanan, demikian Mas Tri Djoko menjelaskan.

Dalam publikasi Kementerian Pertanian tahun 2011, luasan lahan gambut di Indonesia saat ini adalah 14,905 juta hektar persegi. Para ahli memperkirakan angka ini telah menyusut sekitar 6 juta hektar dibandingkan kondisi tahun 90-an yang mencapai 20 juta hektar.

(sumber: antaranews)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan