Kolam Semen Untuk Budidaya Ikan Lele

Hampir segala jenis ikan dapat dibudidayakan dan dibesarkan pada kolam semen. Kolam Semen merupakan kolam yang bagian dasar kolam dan pematangnya di beton sehingga tidak mudah rusak (permanen). Untuk kolam dengan luasan 100 m², lebar pematang cukup dibuat dengan lebar 30-40cm dengan ketingian 1-1,5m.

pembesaran ikan lele di kolam semen

Hal yang perlu diperhatikan untuk pembuatan kolam semen :

  • Konstruksi dasar kolam harus dibuat melandai ke titik pusat pintu keluar dengan kemiringan minimal 5°.
  • Saluran pipa pembuangan/ pemasukan air dibuat dengan pipa PVC 3″.
  • Pipa pengeluaran diusahakan agar dapat mengeluarkan lapisan dasar karena lapisan tersebut banyak mengadung bahan endapan lumpur dari sisa makanan dan kotoran ikan.
  • Biaya yang diperlukan untuk pembuatan kolam semen cukup tinggi.

Kolam Semen relatif aman dari berbagai hama dan resiko rusak / kebocoran. Selain itu dari segi estetika, kolam semen juga lebih rapi dan enak dipandang. Jika kita ingin membudidayakan ikan lele secara berkelanjutan dalam waktu yang lama, maka kolam semen adalah sebuah pilihan yang sangat baik sebagai media pembesaran maupun pembenihan ikan lele.

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

7 komentar untuk "Kolam Semen Untuk Budidaya Ikan Lele"

  1. m.yusuf says:

    pak rahadian surya, saya berlokasi dipadang , saya ada niat untuk beternak ikan gurami maka darimana saya dapat memulainya, ada lahan orang tua seluas 400 meter persegi. mohon petunjuk dan nasehatnya.

  2. sdk ijun says:

    mau namya nih…kalau untuk bibit ikan 1000 ekor,pakanya berapa kilo…???

  3. faisal rozi says:

    maaf pak saya mau tanya kalo untuk bibit lele ukuran 6-7 cm.pakan pelet nya yang bagus merk apa ya pak.dan untuk ukuran peletnya berapa ml.terima kasih

    • Surya Mina says:

      Pakan yang baik kandungan proteinnya lebih dari 30% pak, kalo kami biasanya pakai merk hi pro vite. Untuk ukuran pakan, yang penting bisa masuk dengan mudah ke mulut ikan saja (disesuaikan dengan bukaan mulut ikan).

  4. johni hengki says:

    Mau tanya Pak, kolam semen

    Untuk dasar kolam semen bagusnya bagaimana pak???

Tinggalkan Pesan