KKP Rilis Lele Sangkuriang II

Untuk lebih meningkatkan mutu genetik ikan lele yang beredar di masyarakat pembudidaya ikan lele, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali merilis varian baru jenis lele Sangkuriang II. Jenis ini diyakini jauh lebih baik dari genetik sebelumnya, baik dari tingkat kekebalan tubuh, pertumbuhan yang cepat, maupun konsumsi pakan yang lebih sedikit dibandingkan Sangkuriang I, menjadikan generasi dari lele jenis ini akan lebih menguntungkan para pembudidaya.

ikan lele sangkuriang generasi 2

Kepala Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT), Sukabumi, H Sarifin mengatakan, varian Sangkuriang II merupakan hasil dari persilangan lele dari Afrika dengan Sangkuriang I.

“Sangkuriang II merupakan generasi hibrida, karena varian ini tidak dijadikan indukan melainkan hanya sebagai benih unggulan saja,” kata Sarifin kepada wartawan saat acara press tour II Komunikan, di Sukabumi, Jabar, Minggu (24/11)

Dia menjelaskan, perbandingan penggunaan pakan pada sangkuriang I dan Sangkuriang II memang tidak terlalu jauh antara 0,80 gram berbanding 0,90 gram untuk sangkuriang II. “Masa panen untuk ukuran konsumsi lele SAangkuriang I relatif lebih lama yakni mencapai 3 bulan, sedangkan Sangkurian II hanya 2,5 bulan,” kata Sarifin.

Bukan hanya itu lanjut Sarifin, varian lele yang belum dipasarkan ke para pembudidaya di Indonesia ini di munculkan untuk menghindari kedekatan genetik pada indukan Sangkuriang I sehingga benih yang dihasilkan yakni Sangkuriang II diyakini harus benar-benar baik kualitasnya, karena perbedaan genetik yang cukup jauh dibandingkan varian sebelumnya.

“Kami sengaja mendatangkan indukan lele dari Kenya, Afrika untuk disilangkan dengan indukan Sangkuriang I. Kondisi ini dilakukan agar Indonesia bisa terus meningkatkan produksi perikanan dengan baik, khususnya pada jenis lele dan berimbas pada kesejahteraan pembudidaya serta kesehatan masyarakat dengan memperbanyak konsumsi ikan.

(sumber: suarakarya-online.com)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan