Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar Kab. Parimo Dapatkan Bantuan Benih Ikan

17 kelompok budidaya ikan di Kabupten Parimo mendapatkan bantuan bibit ikan tawar secara gratis. Penyerahan bibit ikan tawar itu yang dilakukan di kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupten Parimo merupakan program pengembangan perikanan budidaya ikan air tawar dengan tujuan untuk meningkatkan produksi ikan air tawar di daerah itu.

Kepala bidang perikanan budidaya Made Kornelius mengatakan ribuan bibit ikan tawar yang dibagikan kepada kelompok pembudidayaan ikan, nantinya akan disalurkan kepada setiap anggota kelompok pembudidayaan ikan. Dia mengatakan, dengan mendapatkan bibit ikan tawar itu agar pencinta pembudidayaan ikan tawar bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk dijadikan tempat budidaya ikan tawar.

“Yang pasti, jika program ini berjalan akan memberikan dampak positif terhadap masyarkat karena selain akan meningkatkan komsumsi ikan, mereka juga akan mendapatkan nilai tambah pada anggota kelompok pembudidayaan ikan yang lain. Saya harap pekarangan rumah yang tida bermanfaat bisa diolah menjadi tempat pembudidayaan ikan tambak,” katanya.

Kornelius mengaku, bibit ikan yang dibagikan adalah jenis ikan tawar yang memiliki nilai ekonomis dan dinikmati masyarakat serta muda dibudidayakan. Disebutkannya, jenis ikan tersebut diantaranya bibit ikan lele 20 ribu ekor, ikan nila way-way 21 ribu ekor, ikan mas 25 ribu ekor dan bibit ikan bawal 20 ribu ekor.
Lebih lanjut kata dia, permintaan bibit ikan air tawar oleh anggota kelompok pembudidayaan ikan yang tersebar dibeberapa kecamatan sangat meningkat sehingga pihaknya kewalahan melayaninya akibat keterbatasan bibit.
Namun, permintaan ini tetap akan ditindak lanjuti dengan menyalurkan bibit secara bertahap, apalagi Dinas Perikanan dan Kelautan sudah memprogramkan pembangunan benih ikan air tawar yang ditempatkan di Desa Lobu Kecamatan Parigi Barat yang pekerjaanya sudah memasuki tahap ke dua.

“Permintan ikan tawar ini sangat meningkat dari berbagai kecamatan, sehingga Dinas terkait sudah membangun balai benih ikan air tawar di Desa Lubu. Ikan ini memiliki nilai ekonomi tinggi dan sangat diminati oleh masyarakat serta mudah dibudidayakan,”ujarnya.

Dalam pembagian bibit ikan air tawar itu, disaksikan langsung oleh salah seorang anggota DPRD, Made Weker yang juga ikut meyerahkan bibit bantuan itu kepada sejumlah kelompok penerima.
Dia mentakan, sangat mengapresiasi terhadap balai benih ikan air tawar yang mampu memberdayakan masyarakat yang masuk dalam anggota Kopdakan. Kata anggota komisi Empat itu, melalui program ini masyarakat yang ikut membudidayakan ikan air tawar tentunya akan mendapatkan nilai ekonomi tambah jika sudah dipasarkan dan berharap bibit ikan yang telah didapatnya bisa dipelihara dan dirawat hingga sampai tiba waktu masa panennya.

“Saya sangat mengapresiasi kelompok pembudidayaan ikan yang kembali membuat program yang pro rakyat dengan membagi-bagikan bibit ikan air tawar secara gratis dengan tujuan untuk dibudidayakannya. Dan saya berharap kepada semua anggota Kopdakan yang menerima bibi ikan bisa memelihara sampai tiba masa panen nanti,” tandasnya.

(sumber: liputanindonesia.com)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan