Kebutuhan Fillet Ikan Patin Dalam Negri Masih Kurang Pasokan

Dari kebutuhan fillet ikan patin dalam negri yang diperkirakan mencapai 700 ton per bulan, saat iki hanya dapat dipasok sebanyak 200 ton per bulan saja dari tujuh produsen fillet ikan patin di Indonesia. Ke depan, produsen fillet patin didorong untuk meningkatkan produksinya.

pembuatan fillet ikan patin

Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Saut P Hutagalung mengatakan, produksi fillet patin dalam negeri diharapkan terus meningkat. Pihaknya menargetkan, produksi pada 2014 mencapai 600 ton per bulan. KKP berupaya mendorong produsen untuk menggenjot produksi, karena pasarnya sudah tersedia.

“Target kami adalah memenuhi pasar lokal dulu. Ekspor akan kami upayakan setelah pasar lokal terpenuhi,” ujar dia di sela pembukaan festival perikanan Nusantara di Jakarta, Sabtu, (25/8).

Dia menjelaskan, sejak tahun lalu, KKP telah menghentikan izin impor fillet patin. Jika di pasaran ditemukan fillet patin impor berarti produk selundupan.

Selain mendorong produksi di hilir, KKP memacu produksi budidaya ikan patin. Sebab, untuk memproduksi 200 ton fillet patin dibutuhkan 600 ton ikan patin hidup.

“Ini memerlukan pasokan ikan patin dalam jumlah besar. Selain dagingnya dimanfaatkan untuk fillet, bagian yang lain dapat dimanfaatkan, seperti kepala untuk gulai atau sup. Sekarang yang sedang kami pelajari adalah minyak dan kulitnya,” jelas Saut.

Saat ini, fillet patin baru untuk memenuhi kebutuhan hotel dan katering. Ke depan, jika produksinya meningkat, pasar fillet patin ditargetkan makin meluas.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Cahaya Purnama mengatakan, upaya pemerintah mendorong konsumsi ikan perlu dibarengi dengan menjaga kualitas agar tidak tercemar bahan-bahan berbahaya, seperti merkuri. Saat ini, lanjut dia, tren dunia sedang beralih dari konsumsi daging merah (daging sapi) ke daging putih (ikan).

(sumber : suarapembaruan)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Satu komentar untuk "Kebutuhan Fillet Ikan Patin Dalam Negri Masih Kurang Pasokan"

  1. awaluddin says:

    Saya tertarik dengan pembudidayaan ikan air tawar.

Tinggalkan Pesan