Kebiasaan Mengkonsumsi Ikan Terbukti Dapat Mencegah Kanker Pankreas

Manfaat dari kebiasaan mengkonsumsi ikan seolah tidak akan ada habisnya, karena jenis makanan ini, selain enak dan dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan memang banyak kandungan nutrisinya yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Termasuk selenium, yang menurut penelitian terbaru bisa mengurangi risiko kanker pankreas sebanyak 67 persen.

makan ikan cegah kanker pankreas

Sebuah penelitian di University of East Anglia membuktikan, asupan selenium yang cukup bisa mengurangi risiko kanker pankreas. Karena itu, ikan dan kacang-kacangan yang merupakan sumber utama selenium dalam makanan sehari-hari, bisa mencegah penyakit tersebut.

Diyakini, senyawa selenium yang terkandung dalam kedua jenis makanan tersebut merupakan antioksidan yang efektif menangkan radikal bebas penyebab kanker. Diyakini pula, temuan ini akan mencegah 1 dari 12 diagnosis kanker pankreas baru tiap tahun.

Kanker pankreas sendiri merupakan jenis kanker yang jumlah kasusnya makin meningkat, mencapai 7.500 kasus baru setiap tahjunnya. Tingkat kesembuhannya tergolong rendah, hanya 3 persen yang bertahan hidup dalam 5 tahun semenjak mendapatkan diagnosis.

Dalam penelitian kali ini, para ilmuwan mengamati 24.000 partisipan laki-laki maupun perempuan dengan rentang usia 40-74 tahun. Kebiasaan makan para partisipan dipantau selama seminggu, termasuk jenis makanan dan bagaimana cara pengolahannya.

Hasilnya menunjukkan bahwa 25 persen partisipan yang paling banyak mengonsumsi ikan dan kacang-kacangan punya risiko kanker pankreas yang lebih rendah dibandingkan dengan 25 persen dengan konsumsi terendah. Perbedaannya cukup jauh, yakni 67 persen.

“Jika hubungan sebab-akibat ini bisa dikonfirmasi lagi dalam studi epidemologis, maka rekomendasi diet berdasarkan populasi bisa membantu mencegah kanker pankreas,” tulis para ilmuwan dalam laporannya di jurnal Gut, seperti dikutip dari Telegraph.

(sumber: dkp Kaltim)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan