Kandungan Gizi Ikan Lele dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sebagian orang menganggap bahwa ikan berkumis (lele) itu menjijikan. Mungkin karena bentuknya yang panjang dan berlendir, serta habitatnya di air yang becek atau berlumpur.

Dibalik bentuknya yang menjijikan, ikan lele memiliki rasa yang gurih dan dapat diolah menjadi beraneka ragam jenis masakan. Kandungan gizi yang ada pada tubuh ikan lele pun cukup banyak dan sangat bermanfaatpecel lele yang lezat gurih dan bergizi bagi tubuh kita yang mengkonsumsinya. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat mengkonsumsi ikan lele, silahkan simak uraian di bawah ini:

Sehatkan Otak dan Jantung

Ikan yang terkenal dengan kandungan omega-3 dan omega-6 adalah ikan-ikan ‘mahal’ seperti salmon, makerel, ikan kod dan sebagainya. Padahal.. ikan lele yang dijual di pasar-pasar tradisional memiliki manfaat yang sama. Satu porsi ikan lele menyediakan 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 asam lemak omega-6. American Heart Association bahkan menyarankan agar orang-orang memasukkan ikan lele dalam menu beberapa kali seminggu. Kedua nutrisi tersebut memang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak.

Penyedia Asupan Protein Yang Baik

Dalam satu porsi lele, tersedia 15,6 gram protein yang akan memenuhi semua kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda. Kualitas asam amino yang diberikan ikan lele adalah kualitas yang baik untuk membangun masa otot dan membangun meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Anda juga membutuhkan protein untuk menyediakan energi.

Sumber Vitamin B-12

Mengonsumsi satu porsi lele akan membuat kebutuhan vitamin B 12 yang dibutuhkan tubuh terpenuhi sebanyak 40 persen. Vitamin B 12 adalah nutrisi yang penting untuk membantu tubuh memecah makanan menjadi energi. Karena itu, asupan vitamin B 12 yang tercukupi akan membuat Anda lebih bertenaga dan tidak membuat cepat lesu.

Rendah Merkuri

Isu ikan laut yang mengandung merkuri masih menghantui. Bahaya dari mengonsumsi makanan yang mengandung merkuri adalah pengaruhnya mengacaukan sistem saraf. Ikan lele biasanya dibudidayakan di perairan yang aman dari jangkauan merkuri, sehingga ikan ini cenderung aman dan rendah merkuri. Tak heran jika ikan lele dianjurkan untuk ibu hamil, karena tingginya tingkat merkuri dapat membahayakan janin.

Dari sekian banyak manfaat ikan lele yang baik bagi tubuh kita, seharusnya tidak lagi kita merasa jijik dengan ikan lele. Karena setelah dimasak pun ikan lele akan terasa lezat dan kesan jijik akan hilang.

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan