Kabupaten Rokan Hilir Targetkan Semua Daerah Punya Budidaya Ikan

Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kabupaten Rokan Hilir merencanakan dan menargetkan semua daerah yang ada di limabelas kecamatan mempunyai kegiatan budidaya ikan air tawar. Kegiatan budidaya ikan air tawar tersebut dapat dipadu dengan sektor pendukung lainnya seperti pertanian tanaman pangan maupun peternakan.

Dengan mengembangkan rencana yang sudah diprogramkan tersebut diharapkan mampu memberikan nilai tambah baik kepada masyarakat maupun daerah.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Rohil Muhamamd Amin kepada Riau Pos kemarin di kawasan Batuenam.

‘’Rencana kita memang seperti itu. Sekarang ini, kegiatan budidaya ikan air tawar yang dilakukan di kolam-kolam, kondisinya boleh dikatakan sudah hampir merata. Artinya, kegiatan budidaya ikan di kolam itu sudah dapat ditemukan di sejumlah kecamatan. Hanya saja, kondisinya boleh dikatakan belum begitu banyak. Kita merencanakan dan menargetkan semua daerah atau kecamatan memiliki kegiatan budidaya ikan air tawar,’’ kata Amin.

Memang, tambah Amin, kegiatan budidaya ikan di kolam tersebut boleh dikatakan sudah bermunculan.

‘’Misalkan saja, Kecamatan Bagansinembah dan Kecamatan Simpangkanan yang notabenenya adalah daerah sentra produksi pengolahan dan perkebunan kelapa sawit serta sektor peternakan, ternyata sebagian masyarakatnya sudah mulai mengembangkan kegiatan budidaya ikan melalui kolam. Termasuk daerah sentra pertanian tanaman pangan seperti Kecamatan Bangkopusako serta Kepenghuluan Seimanasib, ada yang melaksanakan kegiatan budidaya ikan. Jadi, kegiatan budidaya ikan sudah mulai bermunculan,’’ kata Amin.

Berkaitan dengan kegiatan seperti ini, lanjut Amin, secara tidak langsung bisa membuka dan menciptakan peluang dan usaha baru. Salah satu di antaranya adalah pembuatan dan pengolahan pakan ikan.

Kegiatan pembuatan dan pengolahan pakan ikan tersebut sudah dapat ditemukan di daerah Kecamatan Rimbamelintang.

‘’Intinya, dengan kegiatan budidaya ikan di kolam itu, setidaknya dapat membuka dan menciptakan peluang baru. Ini semua, jelas dapat memberikan kontribusi positif baik terhadap daerah maupun peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat,’’ kata Amin.

(sumber: riaupos)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan