Jelang Lebaran, Harga Ikan Konsumsi Melambung

Harga berbagai jenis ikan konsumsi di Tempat Penjualan Ikan (TPI) semakin melambung menjelang datangnya lebaran. Seperti di TPI Kembaran Kulon, Purbalingga, harga ikan konsumsi semakin melambung seiring permintaan yang meningkat dan dampak dari naiknya harga daging sapi.

pasar ikan air tawar konsumsi

Diprediksi, harga ikan konsumsi ini tidak akan menurun, namun justru naik menjelang lebaran mendatang. Bahkan, usai lebaran biasanya akan tetap bertahan tinggi.

Selain harga yang naik, permintaan konsumen juga mengalami peningkatan hingga dua kali lipat. Kondisi ini tentunya menguntungkan para pembudidaya ikan dan pedagang ikan.

Sejumlah pedagang ikan mengungkapkan, harga ikan Nila, misalnya, yang semula berkisar antara Rp 17 ribu–Rp 18 ribu per kilogramnya, kini mencapai Rp 25 ribu.

Ikan lele yang semula Rp 14 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 17 ribu per kilogram. Sementara ikan konsumsi jenis gurami masih stabil antara kisaran Rp 35 ribu hingga Rp 36 ribu per kilogram. Fluktuasi harga ikan Gurame hanya sekitar Rp 1 ribu.

“Permintaan konsumen juga mengalami peningkatan. Kalau soal stok, selalu tersedia. Stok dari pembudidaya ikan lokal dan juga dari luar daerah,” kata Eka, salah seorang pedagang ikan, Rabu (24/7).

Eka memperkirakan, kondisi naiknya harga biasanya akan bertahan menjelang lebaran hingga beberapa pekan setelah lebaran.

Petugas TPI Kembaran Kulon, Juremi membenarkan atas kondisi harga sejumlah komoditas ikan yang naik. Sejak awal puasa, permintaan ikan konsumsi terus menaik.

“Jika pada hari biasa, rata-rata terjual 4 hingga 5 kuintal ikan bisa habis terjual, saat ini pada hari pasaran Rabu dan Sabtu bisa mencapai 9 kuintal hingga satu ton ikan konsumsi per hari,” kata Juremi.

(sumber: suaramerdeka)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan