Ikan Mas Strain Majalaya Mulai Langka

Ikan mas strain Majalaya yang sempat booming pada dekade 1970 – 1990-an saat ini mulai kehilangan pamor. Ikan yang kini banyak dikembangkan petani ikan di Kab. Bandung, khususnya Majalaya kini jarang yang benar-benar strain Majalaya.

jenis ikan mas majalaya

Ikan mas strain Majalaya merupakan jenis ikan hasil seleksi yang secara taksonomi termasuk spesies Cyprinus carpio linneaus dan pertama kali ditemukan dari daerah Majalaya. Ikan jenis ini berwarna hijau keabu-abuan, mulai dari kepala bagian atas sampai pangkal ekor bagian atas, bersisik penuh, badan lebar, perut besar, kepala kecil, mata menonjol, bentuk kuduk melengkung, dan kecepatan tumbuh relatif tinggi.

Dibandingkan ikan mas jenis lain, ikan mas strain Majalaya memiliki bentuk tubuh yang lebih pendek. Namun memiliki duri yang lebih sedikit serta unggul dari segi rasa.

“Induk ikan mas strain Majalaya tidak sebanyak pada dekade tahun 1970 sampai 1990-an. Jumlah indukannya mulai berkurang, tinggal beberapa kelompok tani ikan yang mempertahankan keaslian ikan mas asli Majalaya,” kata Kepala Bidang Perikanan pada Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kab. Bandung, Diar Hadi Gusnidar di Soreang, Senin (23/9).

Pemkab Bandung berupaya mengembalikan kejayaan ikan mas straim Majalaya, salah satunya dengan memberikan bantuan bibit yang asli. Tahun 2012 disalurkan bantuan sebanyak 600 kilogram benih ikan dan tahun ini 400 kg .

budi daya ikan mas di Kab. Bandung tersebar di 98 unit pembenihan rakyat (UPR) dengan tingkat produksi rata-rata mencapai 4.000 ton/tahun. Sentra pembenihan dan pendederan ikan mas antara lain di Majalaya, Ibun, Pacet, dan Ciparay.

(sumber: klik-galamedia)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan