Ikan Hias – Mengenal Ikan Mas Koki

Keindahan ikan mas koki merupakan salah satu daya tarik dari beraneka jenis ikan hias yang populer di masyarakat. Orang memelihara ikan ini sebagai hobi atau sebagai usaha sampingan. Ikan ini memang termasuk ketagori ikan hias, perawatannya juga tetap harus dilakukan dengan baik untuk mendapatkan kualitas ikan yang tinggi.

ikan koki ryukin merah putih

Untuk memiliki ikan dengan kualitas tinggi, tentunya lingkungan tempat tinggal ikan harus bersih dan mengandung nutrisi yang mencukupi bagi ikan ini. Bila ingin memelihara ikan ini untuk usaha maka perawatan harus dilakukan dengan serius dan memberikan pakan berisi nutrisi yang baik, sehingga warna dan kualitas ikan ini akan baik pula. Selain bentuk tubuhnya yang indah, ikan ini juga terbilang cukup murah.

Penggemar ikan mas koki muncul dari berbagai usia, mulai anak-anak hingga dewasa. Harga ikan ini di pasaran sekitar dua ribu rupiah per ekor sampai sepuluh ribu. Harganya memang murah karena biasanya mereka yang membeli ikan mas koki dengan harga standar di pasaran, bermaksud untuk memeliharanya di dalam akuarium.

Ada juga orang yang memelihara ikan mas koki untuk diikutsertakan dalam sebuah kontes ikan. Nah, ikan yang ikut kontes seperti ini harganya berbeda dengan ikan hias biasa. Harganya mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah per ekor.

Kenapa banyak yang memelihara ikan mas koki dalam akuarium? Hal ini dikarenakan cara pemeliharaannya cukup mudah, bahkan anak-anak bisa memeliharanya sendiri. Ikan yang katanya dibawa dari daratan Cina ini bukan hanya tersedia untuk pasar domestik, namun sudah merambah ke bidang ekspor.

Bagi yang ingin memelihara untuk usaha, modal yang dibutuhkan untuk ikan ini cukup terjangkau. Modal uang sebanyak kurang dari lima juta rupiah sudah bisa memulai usaha beternak ikan mas koki ini untuk mendapat keuntungan dalam 20 hari ke depan.

Habitat Ikan Mas Koki

Ikan mas koki bisa dipelihara di akuarium, bak semen, atau kolam dan media lainnya. Tidak menjadi masalah media yang digunakan, asal air untuk menjadi habitatnya masuk dalam syarat utama, yaitu bersih. Air kolam yang bersih dan terjaga akan memengaruhi keindahan dan kesehatan tubuh ikan ini.

Seperti juga memelihara jenis ikan lain, tidak diperbolehkan ada zat-zat kimia berbahaya yang masuk ke dalam air kolam karena akan membahayakan kelangsungan hidup ikan. Oleh karena itu, kolam atau akuarium harus secara rutin dibersihkan. Sisa-sisa makanan yang muncul bekas ikan juga bisa menjadi zat amoniak yang menganggu kesehatan tubuh ikan. Maka, bersihkan kolam atau akuarium secara berkala.

Perhatikan kandungan oksigen yang cukup bagi ikan mas koki. Untuk mendapatkan kandungan oksigen yang baik di dalam akuarium, caranya adalah sebagai berikut.

Kolam tidak boleh terlalu padat, artinya jangan memasukkan ikan terlalu banyak dalam satu kolam. Kolam yang penuh sesak akan membuat kadar oksigen berkurang dan kotoran semakin banyak, sehingga menyebabkan munculnya racun berbahaya bagi ikan. Racun ini bisa menyebabkan kematin.

Beri aerator di dalam kolam yang berfungsi untuk menambah kandungan oksigen larut dalam air. Cara kerja aerator ini cuku efektif untuk menambah kandungan oksigen yang cukup.

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Diperlukan ketelatenan dan ketekunan jika berminat untuk memelihara ikan sebagai ikan hias ataupun diternakkan. Ikan mas koki, ketika menetas masih memiliki kandungan cadangan makanan dari induknya yang bisa tahan sampai 2 hingga 3 hari. Jadi, awalnya ikan ini tidak perlu diberi pakan lainnya. Baru pada hari ke-3, ikan bisa diberi tambahan makanan berupa kutu air atau cacing sutra.

Pemberian pakan jenis ini bisa dilakukan hingga ikan mencapai usia 10 hari. Setelah mencapai usia dua minggu, ikan hanya diberi pakan cacing sutra saja. Di usia ini, ikan mas koki yang dipelihara di kolam sebaiknya tidak terkena air hujan karena tubuhnya sangat rentan terhadap air hujan yang turun langsung dari langit. Ikan ini bisa dipanen setelah 20-22 hari pemeliharaan. Panen di usia ini adalah panen untuk memasarkan bibit ikan.

Cara Membesarkan Ikan Mas Koki

Bibit yang berusia satu bulan dimasukkan ke dalam kolam yang memiliki luas cukup untuk menampung jumlah bibit. Jangan menampung bibit dalam kolam yang terlalu kecil. Bila terlalu padat dalam satu kolam, mungkin Anda membutuhkan satu kolam lagi untuk proses pembesaran ikan ini. Pastikan kolam mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Pakan untuk ikan mas koki yang dibesarkan adalah pellet atau makanan alami. Proses pembesaran memakan waktu hingga maksimal 6 minggu. Setelah 6 minggu, ikan akan berukuran sebesar ibu jari orang dewasa dan sudah bisa dihargai sebesar 2 ribu sampai 5 ribu rupiah per ekor. Jika ikan sudah mencapai usia 4 bulan, ikan sudah dianggap dewasa dan bisa dijual ke pasaran. Jika ingin menjual ikan indukan maka usia yang tepat adalah ketika ikan sudah mencapai 8 bulan baru siap untuk menjadi indukan.

Cara Memijahkan Ikan Mas Koki

Pemijahan adalah proses dipertemukannya indukan ikan betina dan jantan untuk saling membuahi. Pemijahan bisa dilakukan di akuarium atau di kolam. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Isi kolam dengan air bersih, lalu biarkan selama 24 jam.
  • Siapkan media untuk bertelur bagi ikan berupa tumbuhan seperti eceng gondok.
  • Masukkan ikan yang akan dipijah pada sore hari karena ikan biasanya akan memijah di malam hari.
  • Pagi hari berikutnya, periksa kondisi ikan betina, jika perutnya sudah menggembung berarti sudah terisi telur.
  • Pindahkan ikan betina yang sedang bunting ke kolam lain.
  • Telur akan menetas setelah 2-3 hari.
  • Lakukan cara pemeliharaan anak ikan seperti contoh di atas.

Tips Merawat Ikan Mas Koki di Akuarium

Untuk merawat ikan ini, ada beberapa tips yang bisa bermanfaat bagi si ikan. Tips-tips tersebut di antaranya sebagai berikut.

  • Ikan mas koki bisa menyesuaikan tubuhnya dengan suhu di sekelilingnya. Disebut sebagai makhluk berdarah dingin, mirip seperti reptil. Namun, perubahan suhu yang drastis juga tidak membuatnya bisa bertahan hidup.
  • Tingkat keasaman air adalah penting dan ikan ini bisa hidup di air yang memiliki tingkat keasaman sampai pH 7.
  • Singkirkan hama seperti lumut yang termasuk kategori gulma karena akan mengganggu kesehatan tubuh ikan juga menganggu pemandangan dan kebersihan kolam atau akuarium.
  • Bila memelihara ikan mas koki sebagai ikan hias maka taruhlah ikan di dalam akuarium yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup dan bisa menampilkan segi estetika bagi pemiliknya.

Ikan bisa disimpan di ruang tamu atau ruang keluarga agar pemilik juga bisa menikmati pemandangan gerak-gerik ikan yang seringkali menenangkan pikiran. Orang bilang, memandangi gerakan ikan yang indah di dalam akuarium adalah salah satu obat stres yang murah meriah. Maka tidak ada ruginya memelihara ikan mas koki untuk menunjang kesehatan Anda karena selain mudah dirawat, harganya juga murah.
(sumber: anneahira)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan