Hobi Memancing Yang Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja

Berwisata memang sangat diperlukan untuk menghilangkan kepenatan dari rutinitas keseharian. Salah satu cara yang banyak orang lakukan adalah memancing, tidak hanya sebagai kegiatan wisata, memancing ikan ternyata sekaligus pengganti olah raga bisa menjadi salah satu alternatif pengganti olahraga sekaligus berwisata untuk melestarikan lingkungan hidup.

suasana wisata pemancingan ikan

“Hobi memancing ikan juga dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Terlebih, dengan memancing dapat menjadi media silaturahmi dan pengganti jenis olahraga lain seperti golf,” ujar Pratama, pemilik kolam pemancingan Adhiraja, di kawasan Depok.

Pratama atau yang akrab disapa Poci, bukanlah orang baru di dunia hobi pemancingan. Apa yang diungkapkannya tersebut merupakan pengalamannya selama menekuni hobi memancing.

“Saya membuktikannya sendiri jika usai memancing ikan, produktivitas saya bertambah keesokan harinya. Ini merupakan hobi yang menyenangkan saat libur dan dapat meningkatkan stamina dalam bekerja,” ujarnya lagi.

“Tempat pemancingan ikan juga bisa sebagai media untuk meningkatkan produktivitas masyarakat. Tempat rekreasi dengan konsep ‘green fishing’ yang asri, hijau dan menghadirkan kebagiaan dan kepuasan dalam memancing,” imbuhnya.

Poci menjelaskan, dengan kegiatan mancing ikan, para pegawai bisa melakukan silaturahmi, juga bisa menemukan inovasi serta meminimalisir hambatan dalam koordinasi dan birokrasi, sehingga melalui kebahagiaan yang sama, ide-ide baru yang bisa mudah disampaikan dengan wahana pemancingan itu.

Menurutnya, ada unsur olahraga dalam melakukan hobi memancing karena membutuhkan gerakan dan konsentrasi.

“Kami punya club dan terdiri dari berbagai kalangan, dari pekerja lepas, kantoran dan profesional,” ujarnya.

Dalam acara softlaunching Kolam Pemancingannya itu, Poci menceritakan, dirinya sejak kecil mempunya hobi memancing ikan ketika di Cepu, Blora, Jateng yang kemudian membuat kolam pemancingan ikan ituntuk menyalurkan hobi memancing dengan orang-orang terdekat dan masyarakat luas di sekitarnya.

Poci menambahkan, konsep kolam pemancingannya juga memperhatikan nilai-nilai baik untuk menghormati ikan dan kelestraian lingkungan hidup sekitar kolam.

“Harapan saya orang mendapatkan kebahagiaan yang sama saya rasakan. Bagaimana cara mancing yang baik dan sadar lingkungan. Misalnya, kalau kail mengenai badan ikan maka tidak dihitung, agar orang mancing berhati-hati tidak asal narik joran, karena itu akan merusak ikan,”jelasnya.

Kolam Pemancingan Galatama Patin Adhiraja itu memiliki luas sekitar 5.000 meter persegi yang dikhususkan untuk pemancingan kategori “Galatama”. Ukuran ikan patin terbesar di kolam itu adalah 10 kilogram yang jumlahnya 50 ekor.
Sedangkan, ukuran ikan patin lainnya antara 1 – 9 kilogram telah disebar sebanyak 10 ton. Dalam waktu dekat kolam tersebut akan dipenuhi oleh ikan patin dengan ukuran antara 10 – 15 kilogram.

“Konsep pemancingan Adhiraja memperhatikan kelestarian lingkungan sebagai penyangga kehidupan, juga memperhatikan fungsi sosial masyarakat, dan melibatkan masyarakat sekitar dalam pengelolaannya,” ujar Poci.

(sumber: antara)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan