Harga Ikan Lele Konsumsi di Bangka Barat Melambung

Seiring minimnya pasokan di sejumlah pedagang setempat, harga ikan lele di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, beberapa hari terakhir menembus Rp30.000 per kilogram.

“Beberapa hari lalu kami masih menjual dengan harga Rp25.000 per kilogram, namun saat ini terpaksa kami naikkan menjadi Rp30.000 karena stok mulai menipis dan pasokan dari peternak tersendat,” kata seorang pedagang, Jimmi di Muntok, Rabu.

ilustrasi pedagang ikan lele di bangka barat

Pada hari biasa ada sedikitnya tiga pedagang lele di Pasar Muntok, namun hari ini hanya ada satu, itu pun jumlah dagangannya hanya sedikit.

Jimmi mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir masyarakat di daerah itu semakin menyukai lele dan berbagai jenis ikan air tawar lainnya, sementara peternak lele masih terbatas sehingga terpaksa mendatangkan lele dari luar daerah untuk mencukupi konsumsi masyarakat.

“Pedagang pecel lele lamongan semakin banyak, sementara produksi tetap, diharapkan pemerintah setempat memotivasi masyarakat agar mengembangkan usaha tersebut sehingga pedagang tidak kesulitan mendapatkan pasokan,” kata dia.

Selain itu, menurutnya, dengan ketersediaan pasokan yang cukup, tentu harga akan stabil dan tidak memberatkan konsumen.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat, Herzon, beberapa hari lalu mengatakan peternak lele di daerah itu semakin berkembang dan diminati masyarakat.

Dia mengatakan, budi daya lele dan berbagai jenis ikan air tawar sudah cukup berkembang dan merata di seluruh enam kecamatan di daerah itu.

“Kalau pembesaran lele cukup banyak, namun sebagian besar masyarakat mengembangkan usahanya belum skala besar, mereka masih terbatas, rata-rata memiliki dua sampai lima kolam, sementara yang skala besar hingga belasan kolam masih terbatas,” kata dia.

Ia mengatakan, saat ini minat masyarakat masih terkendala dengan kemampuan keterampilan, permodalan dan minimnya ketersediaan bibit ikan sehingga tidak jarang mereka mendatangkan bibit dari luar daerah.

“Pada dasarnya kami siap membantu masyarakat mengembangkan ternak ikan air tawar, seperti lele, patin, ikan mas, nila, gurame dan lainnya, dengan peningkatan keterampilan dengan pola pendampingan,” kata dia.

(sumber: ciputranews.com)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan