Hal – Hal Yang Perlu Diwaspadai Saat Membeli Benih Ikan Murah

Murah???? Belum Tentu Menguntungkan

Semakin ketatnya persaingan dagang saat ini membuat banyak penjual yang berlomba-lomba menarik perhatian para konsumen supaya memilih produk yang mereka jual. Biasanya, para konsumen memilih harga yang paling murah dari sekian banyak penawaran maupun pilihan yang ada. Karena faktor harga murah begitu sensitif dan sangat mempengaruhi minat pembeli, tidak jarang para penjual menekan harga sebanyak mungkin untuk dapat bersaing dengan mengandalkan harga yang begitu murahnya. Hal tersebut tentu mengakibatkan penurunan kualitas barang maupun pelayanan terhadap barang yang diperjual belikan, karena biaya yang seharusnya digunakan untuk mendapatkan barang yang terbaik harus dipangkas begitu banyak untuk menekan biaya produksi maupun pengolahan, dan SOP (Standard Operating Procedure) seringkali diabaikan. Padahal, SOP diperlukan untuk menjaga kualitas barang / komoditi yang diperjual – belikan tersebut.

pilihan benih ikan harga murah

Tidak terkecuali dalam dunia perikanan, banyak penjual benih ikan yang memainkan harga yang murah untuk menarik para pembeli benih ikan. Bahkan ada juga penjual yang menjual benih dengan harga yang sangat murah, sampai tidak rasional dalam menawarkan harga benih ikannya.

Hal-hal yang perlu diwaspadai ketika membeli bibit ikan dengan harga yang sangat murah:

1. Kualitas Benih Ikan Yang Buruk
Untuk mendapatkan kualitas benih ikan yang terbaik, tentu saja membutuhkan biaya untuk induk berkualitas, pakan yang berkualitas, perawatan induk, serta pemijahan yang baik. Ketika kita mendapatkan benih ikan yang buruk, bukannya keuntungan yang kita dapatkan karena pemilihan kualitas benih ikan yang buruk adalah kesalahan utama dalam memulai budidaya ikan yang menyebabkan kegagalan.

2. Jumlah Benih Ikan Yang Tidak Sesuai
Tidak ada salahnya jika kita menghitung jumlah benih ikan yang kita pesan ketika sudah sampai di tangan kita. Karena hal ini juga sering dipermainkan oleh para penjual benih ikan, jumlah benih ikan dikurangi untuk dapat bersaing harga. Bahkan ada penjual yang menawarkan jumlah benih ikan melebihi kapasitas box dengan harga yang sangat murah. Dengan jumlah benih ikan yang melebihi kapasitas tiap box tentu saja harus diwaspadai, apalagi ditambah dengan penawaran harga yang begitu murah.

3. Ukuran Benih Ikan Yang Tidak Sesuai
Tidak sedikit penjual benih ikan yang memainkan ukuran benih. Misalnya benih ikan yang seharusnya berukuran 3-4, namun si penjual mengatakan bahwa benih tersebut adalah ukuran 3-5.

4. Perawatan Benih Ikan Yang Tidak Sesuai SOP
Benih ikan yang baik jika tidak dirawat dengan baik maka akan menurunkan kualitas benih ikan tersebut, apalagi jika benih ikan dengan kualitas buruk dan tidak dirawat dengan baik.

5. Metode Pengiriman Benih Ikan Yang Tidak Sesuai SOP
Untuk menjaga keselamatan benih ikan ketika dikirimkan, perlu dilakukan lagkah-langkah dalam pengemasan. Benih ikan harus dipersiapkan (pemberokan; threatmen; pengobatan; penyesuaian air saat karantina ikan; perawatan media karantina ikan seperti waring, ember seleksi, dll yang harus rutin dilakukan; dll). Hal tersebut memerlukan biaya dan SDM yang kompeten di bidangnya. Banyak penjual benih ikan menghilangkan proses tersebut untuk menekan harga. Padahal proses-proses tersebut merupakan salah satu kunci keberhasilan saat ikan dibudidayakan.

6. Penipuan ( Benih Ikan Tidak Dikirimkan )
Penipuan merupakan kemungkinan terburuk ketika membeli benih ikan dengan harga sangat murah. Kita membeli barang yang sangat murah, namun kita tidak mendapatkan barang tersebut dengan berbagai alasan yang dibuat-buat oleh si penjual.

Hal-hal di atas harus kita perhatikan untuk keberhasilan budidaya ikan, karena pemilihan benih yang tepat adalah hal yang vital. Ketika kita hanya mengejar untuk mendapatkan benih ikan yang murah, seringkali justru kita dirugikan dari pembelian benih ikan yang berharga murah tersebut. Untuk pembudidaya pemula, pilihlah penjual benih ikan yang mau memberikan konsultasi secara terbuka.

” Hargailah benih ikan yang pantas untuk mendapatkan hasil yang pantas, jadilah masyarakat Indonesia yang cerdas dalam menentukan pilihan yang tepat untuk mendapatkan hasil yang pantas “

Kesimpulan:
Kita harus waspada dan dewasa dalam membeli. Benih ikan yang dijual dengan harga murah adalah hal utama yang harus kita waspadai. Secara perhitungan, harga murah memang sangat menguntungkan dalam bisnis. Namun kenyataan di lapangan seringkali berbanding terbalik dengan perhitungan tersebut, bukannya keuntungan justru kerugian yang kita dapatkan. Pilihlah penjual yang menjual benih ikan dengan harga yang logis.

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

8 komentar untuk "Hal – Hal Yang Perlu Diwaspadai Saat Membeli Benih Ikan Murah"

  1. abdul hamin says:

    berapa harga /ekor untuk ukurang 3 cm

  2. sopian_adib says:

    pak saya pemula mau coba pelihara ikan nila, kalau mau beli ikan nila panjang 5.5-6cm, cuman 1000 ekor bisa gak ya pak….lokasi saya dibalikpapan

  3. Edi says:

    Kontak bbm atau lain nya ada?

  4. sigit suhendra says:

    tolong infokan harga benih lele dan nila merah berdasarkan ukuran

  5. sigit suhendra says:

    no WA saya 085 340 922 834

  6. Jhon says:

    Ada jual bibit ikan nila mentaris ndak ya,,??

Tinggalkan Pesan