Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Budidaya Ikan Lele

Ikan lele menjadi salah satu komoditas penjualan yang tinggi, sehingga sekarang ini banyak orang yang melakukan budidaya ikan lele. Keunggulan dari budidaya ikan lele adalah selain mendapatkn keuntungan yang cukup besar, budidaya ikan lele dapat dilakukan dengan lahan yang tidak cukup besar. Bahkan dalam budidaya tersebut dapat menggunakan media terpal.

panen ikan lele tepat waktu

Akan tetapi, dalam kenyataannya sekarang ini banyak orang yang mengalami kegagalan dalam proses budidaya tersebut. Hal ini terjadi karena mereka kurang memperhatikan beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam proses pembudidayaan tersebut.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pembudidayaan ikan lele:

Pengaturan Air

Air merupakan salah satu faktor yang cukup penting dalam budidaya ikan lele ini. Dalam proses pembudidayaan tersebut air yang digunakan harus dipakai secara teratur. Perlu diingat ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang suka hidup dalam keadaan air yang keruh sehingga disini kita jangan terlalu sering mengganti air karena apabila air yang digunakan terlalu bersih akan menganggu pertumbuhan ikan tersebut. Sebelum penebaran benih, air pada kolam ikan lele juga perlu dikondisikan supaya siap untuk ditebari benih ikan lele. Klik link berikut: cara pengkondisian kolam lele sebelum tebar benih.

Pemilihan Bibit Ikan

Dalam pemilihan bibit ikan lele ini kita harus memperhatikan kualitas dari ikan lele tersebut. Ikan lele tersebut harus benar-benar sehat dan mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan sekitar. Karena banyak orang yang melekukan budidaya ikan lele tapi mereka cenderung kurang memperhatikan kualitas bibit ikan lele sehingga hasil yang diperoleh kurang maksimal. Klik link berikut: Tips Memilih Benih Ikan Lele Yang Baik

Pemberian Pakan

Kita ketahui bahwa ikan lele ini merupakan ikan yang cukup rakus dalam proses makan. Oleh karena itu, untuk menghindari banyaknya kematian dalam proses budidaya ikan lele ini adalah dengan memberikan makan secara teratur sehari 2X. Hal ini untuk menghindari terlalu banyak makan yang akan menimbulkan tidak sehatnya ikan yang kita pelihara. Selain itu, juga akan menghindarkan proses kanibalisme di dalam komunitas ikan lele tersebut. Klik link berikut: Cara Pemberian Pakan Ikan Lele

Pemberian Pakan Tambahan / Vitamin

Hal ini dilakukan agar ikan lele tersebut dapat terhindar dari berbagai penyakit yang ada karena banyak orang yang beranggapan bahwa ikan lele tersebut tidak akan kena penyakit. Padahal inti dari pemberian vitamin/vaksin semdiri agar menjaga tubuh dari ikan lele agar tidak terjadi perbedaan ukuran dalam komunitas ikan lele tersebut sehingga budidaya ikan lele tersebut mendapatkan hasil yang cukup maksimal.

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan