Gencarnya Kampanye Gemar Makan Ikan Berdampak Positif Bagi Perekonomian

Suksesnya kampanye gemar makan ikan, disamping membawa dampak positif bagi kesehatan masyarakat juga berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi.

Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura Perikanan dan Peternakan (PTPHPP) setempat yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, secara khusus akan mendukung untuk mensukseskan program kampanye gemar makan ikan bagi anak sekolah.

gemarikan berdampak positif bagi perekonomian

Alasannya, dengan adanya program tersebut, diharapkan mampu memberi nilai tambah peningkatan derajat kesehatan anak-anak khususnya dan masyarakat umumnya. Selain itu, juga diharapkan dapat meningkatkan produksi olahan makanan yang berasal dari ikan.

Rudiansyah, Kepala Bidang Perikanan, Dinas PTPHPP Kabupaten Balangan, mengatakan, untuk mendukung program gemar makan ikan kepada anak sekolah ini pihaknya akan mengadakan kegiatan di beberapa Sekolah Dasar secara bergiliran, dengan memberikan materi pemahaman manfaat ikan kepada anak didik.

“Untuk mensukseskan program tersebut, melalui program Pengolahan dan Pemasaran Hasil perikanan (P2HP), kita akan mencoba mengolah kreasi makanan yang berbahan ikan agar masyarakat yang belum terbiasa mengkonsumsi ikan dapat tertarik untuk mencoba,” ujarnya.

Rudi meyakini, kampanye gemar makan ikan akan berjalan lancar dan menghasilkan sesuatu yang memuaskan, karena kata dia, masyarakat Bumi Sanggam sudah terbiasa mengkonsumsi ikan setiap harinya. Namun, dalam sosialisasi nantinya, difokuskan dalam pemberian pemahaman manfaat ikan agar kebiasaan makan ikan tidak hilang.

Keyakinan Rudi tentunya bukan tanpa dasar, kebiasaan masyarakat Kalsel dalam mengkonsumsi ikan dapat dilihat dari Sensus Departemen Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia, dimana Provinsi Kalsel termasuk dalam 10 provinsi di Indonesia yang tingkat konsumsi ikannya cukup tinggi, dengan target melebihi konsumsi ikan 30 kg per kapital per tahun yakni mencapai 41 kg per kapital dalam setahunnya.

Hal itu juga didukung dengan berkembangnya budidaya ikan di Balangan yang cukup pesat. Terutama pada budidaya ikan lokal seperti Ikan Baung, Nila dan Papuyu. “Peningkatan budidaya ikan di daerah kita cukup sukses, sekarang yang harus kita pikirkan yaitu memperluas pangsa pasar serta meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat,” tandasnya.

(sumber: radarbanjarmasin)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan