Frekuensi Pemberian Pakan Ikan Gurame

Pakan ikan gurame merupakan hal terpenting yang turut serta dalam menentukan keberhasilan proses budidaya ikan gurami. Pemberian pakan yang tepat akan menghasilkan hasil panen yang maksimal sehingga keuntungan yang diperoleh juga akan optimal. Bahkan yang lebih penting juga akan menentukan kualitas rasa daging gurame saat dipanen, dimasak lalu dinikmati.

benih ikan gurame surya mina

Ikan gurame termasuk salah satu jenis ikan air tawar yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Ikan ini juga sudah memiliki pangsa pasar tersendiri sehinga sangat mudah untuk memasarkan hasil panen nantinya. Ikan gurami termasuk ikan yang cukup digemari oleh masyrakat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya warung makan yang menggunakan menu ikan gurame sebagai salah satu menu yang ada di warung makan tersebut.

Layaknya budidaya ikan yang lainnya, budidaya ikan gurame juga tidaklah terlalu sulit. Kita hanya butuh sebuah kolam yang cocok untuk ikan dan mengetahui frekuensi pakan ikan gurame yang tepat serta perawatan yang baik saja.

Frekuensi Pemberian Pakan

Pemberian pakan pada setiap umur ikan tentu tidak sama. Pemberian pakan yang sembarang juga tidak benar karena akan merugikan petani itu sendiri. Kebanyakan yang terjadi adalah hal yang seperti ini. Umumnya ketika kita tanya berapa jumlah yang harus diberikan maka jawabannya adalah secukupnya. Padahal pemberian pakan pada ikan tersebut sangat menentukan hasil panen dari ikan yang dibudidaya.

Besarnya pakan yang harus diberikan kepada ikan gurame adalah sebesar 5 persen dari berat biomasa dari ikan tersebut. jika berat ikan adalah 100 gram maka pakan yang diberikan adalah sebesar 5 gram. Sedangkan frekuensi pakan ikan gurame diberikan sebanyak tiga kali sehari.

(sumber: bimbingan.org)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan